Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

penyebab mobil bergetar saat di rem dan cek gejalanya

Selamat dataNg di bloggootomotif

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang gejala yang Sering terjadi pada rem mobil anda terutama mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan rem cakram.

Jika kondisi rem cakram normal tentu tidak akan menyebabkan adanya masalah seperti adanya getaran disaat anda menginjak pedal rem tersebut, meskipun keaadaan mobil sedang melaju dalam kecepatan penuh.

Namun jika adanya getaran di saat anda melakukan pengereman bisa saja salahsatu dari komponen rem ada yg kurang bagus atAu ada yang sudah mengalami keausan.

Salahsatu gejala yang mengakibatkan getar saat melakukan pengereman yaitu:

1)bisa diakibatkan adanya permukaan kampas rem mobil Anda sudah tidak rata, atau kemakan sebelah


Untuk deteksi kerusakan yang diakibatkan permukaan kampas rem bisa anda lakukan dengan cara yang sederhana.
Yaitu dengan cara membuka kampas rem mobil tersebut dan membersihkan nya. Dan untuk mengatasi rem cakram yang tidak rata anda bisa menggunakan amplas kasar dan menggosoknya sampai permukaan kampas rem benar-benar rata kembali.

2) Kerusakan pada rem cakram bisa diketahui dari seberapa pakem rem tersebut saat digunakan untuk ngerem. Bila kurang menggigit, hal itu juga merupaka  salahsatu tanda bahwa telah terjadi masalah pada cakram rem mobil anda.
Gejala rem cakram kurang pakem atau kurang menggigit bisa diakibatkan dari kampas rem yang sudah tipis, sehingga tidak mampu mencengkram dispad dengan baik.


Jika kampas rem sudah tipis hal yang perlu anda lakukan yaitu mengganti kampas tersebut. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya gunakan kapas rem original jangan yang KW.


3) Pedal rem terasa bergetar atau nyundul nyundul

Jika pedal rem terasa bergetar atau nyundul-nyundul bisa diakibatkan dari permukaan disc pad(piringan cakram) yang sudah kemakan atau tidak rata atau sudah cekung.

Jika disc pad sudah kemakan atau tidak rata tentu masih bisa diperbaiki dengan cara membuka nya dan membawanya ke tukang bubut utuk mengikis permukaan disc pad yang tidak rata.

Namun jika disc pad sudah cekung atau tidak normal putaran nya, sebaiknya anda mengganti nya.


Gejala yang mengakibatkan disc pad (piringan cakram) tidak rata atau bergelombang

Sebenarnya Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab disc pad rem bergelombang. Yang paling sering adalah karena banyaknya kotoran yang menempel di permukaan cakram. Ketika rem dioperasikan kotoran-kotoran ini akan menggesek dan merusak disc pad (piringan cakram) secara perlahan tapi pasti.

2),  bisa juga karna faktor usia . Semakin lama usia pemakaian cakram rem, kemungkinan bergelombang (rusak) juga menjadi semakin besar.

3) bisa juga di akibatka karna kualitas kampas rem. Kampas rem yang berbahan dasar keras bisa merusak cakram. Hal ini sering terjadi bila disc pad yang digunakan di sistem pengereman mobil Anda ternyata lokal bukan original.

Untuk lebih jelas nya anda bisa melakukan pengecekan pada bengkel langganan anda atau pada bengkel terdekat di kota anda untuk memastikan gejala getar yang terjadi saat melakukan pengereman.

Semoga bermanfaat

Search:
•mobil bergetar saat direm
•pedal rem bergetar saat kecepatan tinggi
•rem bergetar pada kecepatan tinggi
•cara memperbaiki rem mobil bergetar
•rem abs bergetar
•setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi

Post a Comment for "penyebab mobil bergetar saat di rem dan cek gejalanya"