Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Ciri-ciri link stabil rusak dan gejalanya


sejutamodif.com - banyaknya kondisi jalanan yang kurang bagus tentu bisa menjadi penyebab komponen kaki kaki cepat rusak ,

Ciri-ciri jika kondisi kaki kaki sudah bermasalah atau rusak biasanya akan terdengar bunyi di sekitaran roda mobil ketika sedang melewati jalanan kriting atau jalanan bergelombang.

Selain tierod dan ball joint, Salah satu komponen Yang cepat rusak dan menyebabkan bunyi saat mobil melewati jalanan keriting yaitu link stabil sudah bermasalah.

Oleh karna itu, kali ini kami akan bahas mengenai pungsi dan ciri-ciri link stabil pada mobil sudah rusak.

Pungsi link stabil pada mobil

Link stabil merupakan komponen kecil yang bentuknya mirip dengan tie rod, hanya saja link stabil ini memiliki dua titik bola bola joint yang berpungsi untuk mengikuti pergerakan suspensi ketika mobil berayun ataupun berbelok .

Selain itu pungsi dari link stabil ini yaitu untuk menyeimbangkan suspensi roda kiri dan kanan supaya mobil tetap stabil meskipun mobil Sedang melaju di kecepatan tinggi atau ketika berbelok.

Pada suspensi mobil terdapat 1 batang link stabil di setiap rodanya, biasanya link stabil ini terpasang pada lowwer arm sayap atau batang tengah shockbreaker dan di hubungkan ke batang stabillizer bar .

Ciri-ciri link stabil rusak


Ketika mobil melewati jalanan rusak atau jalanan keriting biasanya akan terdengar bunyi klutuk-klutuk seperti ada baut kendor atau seperti suara besi beradu yang terdengar sangat nyaring sampai suaranya terdengar ke dalam mobil .

Hal ini disebabkan oleh plastik Teflon yang menyelimuti bola bola joint tersebut sudah aus atau menipis, sehingga bola joint menjadi kendor atau oblak, akibatnya bola joint akan saling beradu atau bergesekan langsung dengan rumah link stabil ketika mobil mengalami goncangan.

Akibat link stabil rusak


Seperti Yang sudah kami singgung diatas. Bahwa pungsi link stabil ini yaitu untuk menyeimbangkan suspensi roda kiri dengan suspensi roda kanan supaya Mobil dapat berjalan dengan stabil.

Ketika link stabil ini rusak atau sudah kurang bagus tentu dapat mengakibatkan bunyi ketika mobil melewati jalanan rusak. Selain itu laju mobil akan terasa kurang nyaman ketika melewati jalanan .

Ciri ciri fisik link stabil rusak


Selain dengan Cara mengendarai Mobil tersebut, Ciri ciri link stabil rusak bisa anda ketahui dengan melihat fisiknya secara langsung.

Yang pertama yaitu dengan melihat kondisi karet benutup debu link stabil, jika karet benutup debu link stabil sudah sobek, maka kemungkinan link stabil sudah rusak, selain itu link stabil bengkok atau patah menjadi ciri ciri fisik Yang Sudah jelas bahwa komponen tersebut harus melakukan penggantian.
baca juga : ciri ciri longtierod rusak.

Jika link stabil sudah rusak sebaiknya melakukan Service, atau untuk hasil Yang maksimal sebaiknya melakukan penggantian dengan Yang baru.

Post a Comment for "Ciri-ciri link stabil rusak dan gejalanya"