Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Masalah pada rem cakram penyebab getar saat pengereman


otomotif- kali ini kami akan mengulas beberapa penyebab yang biasa terjadi pada rem mobil, termasuk pada jenis mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem rem cakram.

Jika kondisi komponen rem cakram dalam keadaan normal, tentu tidak akan menyebabkan adanya permasalahan seperti adanya getaran ketika menginjak pedal rem meskipun mobil sedang melaju di kecepatan tinggi sekalipun.

Tapi sebaliknya, jika terasa ada getaran pada saat pengereman, bisa saja salahsatu dari komponen rem ada yang kurang bagus atau ada yang sudah mengalami keausan, dan Berikut beberapa masalah pada rem cakram.

1. Penyebab pedal rem bergetar (nyundul-nyundul)


Salahsatu permasalahan pada rem cakram yaitu terasa adanya getaran pada pedal rem, penyebab pedal rem terasa bergetar saat melakukan pengereman bisa diakibatkan adanya permukaan kampas rem sudah tidak rata atau kemakan sebelah .

Untuk mendeteksi kerusakan yang diakibatkan permukaan kampas rem tidak merata bisa anda lakukan pengecekan, yaitu dengan cara membuka kampas rem tersebut lalu membersihkan permukaan nya. Jika memang tidak rata, anda bisa menggunakan amplas kasar dan menggosoknya sampai permukaan kampas rem benar-benar rata kembali.

Selain permukaan rem yang sudah rata. penyebab lainnya bisa diakibatkan dari permukaan piringan cakram (disc break) yang sudah tidak rata / bergelombang atau sudah cekung.

Jika piringan cakram sudah kemakan atau tidak rata tentunya masih bisa di atasi dengan cara melepas dan membawanya ke tukang bubut utuk mengikis permukaan disc pad supaya rata kembali. Tapi seandainya jika disc pad sudah cacat atau ada goresan yang dalam lebih baik diganti saja.


Penyebab piringan cakram tidak rata atau ada goresan


Ada beberapa kemungkinan yang menjadi salahsatu penyebab piringan cakram bergelombang.

- Biasanya diakibatkan kotoran atau debu kasar yang menempel pada permukaan cakram. Ketika rem dioperasikan, kotoran-kotoran tersebut dapat menggesek dan merusak permukaan disc pad secara perlahan tapi pasti.

- Kerusakan lain bisa disebabkan oleh lamanya usia pakai. Semakin lama usia pemakaian cakram rem, kemungkinan bergelombang dan baret juga menjadi semakin besar dan melebar.

- bisa juga di akibatka karna kualitas kampas rem. Kampas rem yang berbahan dasar keras bisa merusak cakram. Hal ini sering terjadi bila disc pad yang digunakan di sistem pengereman mobil Anda ternyata lokal bukan original.


Rem tidak pakem


Masalah lain pada rem cakram bisa diketahui dari seberapa pakem rem tersebut pada saat pengereman. Jika rem kurang menggigit atau tidak pakem,
hal itu biasanya diakibatkan oleh kampas rem yang sudah tipis, sehingga tidak mampu mencengkram dispad dengan baik.

Jika memang kampas rem pada kendaraan anda sudah tipis, hal yang perlu anda lakukan yaitu mengganti kampas tersebut. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya gunakan kapas rem original dan jangan membeli merk KW. Hal ini supaya rem berpungsi dengan baik dan juga awet.

Untuk lebih jelas lagi, sebaiknya melakukan pengecekan ke bengkel langganan anda atau ke bengkel terdekat di kota anda, guna untuk memastikan apa penyebab rem terasa bergetar ketika melakukan pengereman.

Post a comment for "Masalah pada rem cakram penyebab getar saat pengereman"

Berlangganan via Email