Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Tanda tanda jika rack steer EPS sudah bermasalah


Gejala jika racksteer sudah bermasalah - Terjadi adanya Kerusakan pada bagian rack steering tentu dapat mengurangi tingkat konsentrasi ketika berkendara, selain itu juga dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan/kestabilan pada kemudi steer. 

Tidak bisa dipungkiri, bahwa penyebab rack steer rusak ini bisa disebabkan oleh beberapa paktor,

Banyaknya Kondisi jalan yang kurang bagus atau berlobang menjadi salahsatu penyebab utama rack steer cepat rusak. tidak hanya itu saja, penyebab lain juga bisa disebabkan akibat pengemudi mobil sering membelokan kendaraannya sampai mentok,

Perlu kita ketahui, racksteer merupakan sahatu perangkat untuk membelokan kendaraan ketika kemudi diputar,

salahsatu komponen kaki-kaki seperti longtierod dan tierod merupakan komponen yang meneruskan putaran kemudi ke bagian roda melalui batang as racksteer.

Perlu anda ketahui, terdapat karet penutup debu yang mengikat antara longtierod ke rumah steer, yang mana pungsinya untuk mencegah adanya debu dan kotoran yang merangsek masuk ke rumah racksteer,

jika steer sering di belokan sampai mentok, tentunya dapat mengakibatkan karet boot tersebut jadi sobek. dan jika dibiarkan tentunya dapat menimbulkan kerusakan pada komponen racksteer. Pasalnya pelumas dibagian tabung racksteer akan mengering atau bahkan terbuang keluar, sehingga dapat memicu kerusakan yang diakibatkan kehabisan pelumas.


3 Tanda Kerusakan Rack Steer


Ketika rack steer sudah mengalami kerusakan, biasanya ada ciri-ciri tertentu yang wajib anda ketahui Sebelum kerusakan racksteer bertambah parah.

oleh karna itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja tanda racksteer yang sudah mengalami kerusakan. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca ulasan kami dibawah ini.


Timbul Bunyi saat jalan rusak


Ketika racksteer sudah mengalami kerusakan, biasanya akan timbul bunyi gluduk-gluduk kasar di bagian kolong mobil ketika melewati jalanan rusak, bunyi tersebut akan timbul meski kendaraan sedang berjalan lambat ataupun kencang.

jika kerusakan sudah terbilang parah' maka kemudi steer akan terasa kendor atau kocak ketika melewati jalanan keriting,

Jika terjadi adanya bunyi dan kemudi sudah kurang nyaman, Sebaiknya segera melakukan pengecekan ke bengkel terdekat di kota anda untuk memastikan apakah kerusakan tersebut dari bagian steering rack atau komponen kaki-kaki yang lainnya.

apabila sudah terindikasi rusak, sebaiknya lakukan perbaikan dengan segera, sebelum kerusakannya merambat ke bagian komponen lain yang tentunya dapat menambah biaya perbaikan.
baca juga :
- cara cek kondisi rack steer yang rusak tanpa buka roda


Gigi Pinion pada steer sudah tumpul




Letak Gigi pinion berada di bagian kanan rumah rack steer, yang mana pungsinya untuk menghubungkan kemudi dengan racksteer.

Ketika kemudi steer diputar, maka gerak putaran tersebut akan diteruskan ke as racksteer melalui gigi pinion.

Akibat kurangnya pelumas maka dapat mengakibatkan gigi pinion tumpul. Tumpulnya gigi pinion ini bisa terjadi ketika sedang membelokan roda, pasalnya gigi pinion akan bergesekan dengan gigi as racksteer tanpa adanya pelumas yang diperlukan.

Kerusakan gigi pinion ini bisa anda rasakan saat menggoyangkan kemudi ke arah kiri dan kanan secara cepat, dan biasanya kemudi terasa speling/pree play dan timbul bunyi glek glek ketika digerakan.


Bushing racksteer sudah aus



Masalah umum lainnya yaitu bisa disebabkan oleh bushing racksteer sudah aus atau menipis, sehingga as racksteer terasa kendor dan oblak,

Posisi bushing rackster berada di bagian kiri, yang berpungsi untuk memengang bagian ujung as racksteer supaya tida goyang ketika mengalami hentakan,

Jika busing rackster sudah bermasalah sebaiknya lakukan prnggantian dengan segera, karna jika dibiarkan terlalu lama maka efek buruknya as rack steer bisa bengkok.

Jika hal ini sudah terjadi, maka tidak bisa di perbaiki lagi, dan mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru, sedangkan harga racksteer cukup mahal, sebagai conto saja kita ambil harga baru racksteer avanza yang umum dengan merk kw berkisar 1,5 sampai 2 juta.

Harga tersebut masih terbilang murah, karna rack steer avanza terpisah dengan motor elektrik nya.


berbeda dengan racksteer pada mobil honda ataupun suzuki, karna posisi motor electriknya menyatu dengan rumah racksteer sehingga harga barunya cukup mahal berkisar Rp 6 juta.

Post a comment for "Tanda tanda jika rack steer EPS sudah bermasalah"

Berlangganan via Email