Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Keluhan dan akibat gardan cepet rusak

Keluhan dan akibat gardan cepet rusak



sumber images

Keluhan pada gardan sebenarnya hampir mirp dengan keluhan disaat klaher roda mulai aus, yaitu mempunyai daya keluh yang sama seperti adanya suara dengung atau gemuruh dibagian roda.. Untuk memastikan bahwa gardan mobil anda sudah rusak sebaik nya anda mengontrol dan mengecek nya ke bengkel specialis , agar nantinya anda tidak salah paham dalam memprediksi kerusakan nya.. Apakah gardan nya yang rusak atau klaher nya..

Jika memang sudah terbukti gardan rusak sbaiknya segera untuk memperbaikinya sebelum kerusakan menjalar pada komponen yang lainnya,,

Gardan rusak



Gardan atau bahasa kerennya Differential merupakan komponen penerus daya atau tenaga mesin yang sebelumnya telah melewati transmisi dan kopel atau hapel ke poros roda. nah pada komponen gardan ini masalah dan kerusakan yang biasa terjadi adalah suara gemuruh pada gardan, suara gardan berdengung pada kecepatan tinggi, rontoknya gigi gardan, dan speleng atau adanya jarak bebas yang terlalu renggang pada setiap gigi-gigi gardan yang akhirnya dapat menyebabkan adanya suara seperti ada yang mentok ketika anda mengangkat kopling dan berakselerasi.

2. Masalah pada gardan yang cepet rusak bisa diakibatkan oleh karena telat mengganti oli atau jarang mengganti oli gardan. oli gardan biasanya direkomendasikan setiap 10.000 Km bersamaan dengan penggantian oli persneling atau transmisi. dengan oli SAE 140 ( atau sesuai rekomendasi pabrik ).  

Peran oli memang sangatlah penting untuk menjaga agar gardan tetap prima dan awet (tidak cepat rusak) ,karena oli berfungsi untuk melumasi seluruh komponen yang ada didalam gardan tersebut seperti gear/gigi-gigi gardan yang bekerja dan berputar saling bergesekan terus menerus selama mobil dijalankan.

Kebocoran pada sil atau paking pada gardan dapat memicu terjadinya awal kerusakan , apalagi oli gardan tersebut sampai habis yang akibatnya gardan cepet rusak . Dan jika hal itu sudah terjadi segera untuk diperbaiki.

Post a Comment for "Keluhan dan akibat gardan cepet rusak"