Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Letak dan Pungsi karet stopper Shock pada Mobil


Sejutamodif.com- pada setiap kendaraan , umumnya terdapat karet stopper Yang letak nya berbeda-beda. Dan setiap roda terdapat 1 buah karet stopper. Jadi jumlah karet stopper pada mobil ada 4 buah .

Karet stopper pada mobil Sedan umumnya terletak di bagian tengah batang shockbreaker.

Untuk jenis Mobil Yang menggunakan suspensi Per daun biasanya letak karet stopper menempel di bagian sasis atas, tetapi ada juga yang letaknya di bagian tengah Per daun dan terikat langsung ke baut leter U antara gandar dan per.

Pungsi karet stopper pada mobil


Fungsi dari karet stopper tersebut yaitu untuk menahan jarak gerak bebas Yang berlebihan ketika mobil melewati tanggulan atau saat menghantam lobang jalanan dengan keras. Pada saat posisi seperti itulah karet stopper pada mobil mulai berpungsi .

Membuat shockbreaker Lebih awet


Selain berpungsi untuk meredam pergerakan Per yang berlebih. Tentunya keberadaan karet stopper ini bisa membuat shockbreaker jadi lebih awet.

Pasalnya, ketika mobil mengalami hentakan atau guncangan Yang berlebih, maka otomatis as shockbreaker akan menekan kebawah tanpa adanya Tahanan,

sehingga klep as shockbreaker akan membentur saluran oli bagian bawah dan mengakibatkan kinerja shockbreaker berkurang atau rusak. Selain itu dapat membuat shockbreaker bocor.

Dengan adanya keberadaan karet stopper pada suspensi Mobil ini, tentunya perpungsi untuk meredam dari jarak main per yang berlebih serta dapat memperpanjang usia pakai shockbreaker.

Pentingnya merawat karet stopper


Pada umunya, karet Stopper terbuat dari bahan karet, tetapi ada juga Yang terbuat dari bahan busa, seiring lamanya usia pakai Mobil, tentunya kondisi karet stopper bisa saja pecah atau sobek.

Jika karet stopper sudah sobek atau pecah, sebaiknya segera melakukan penggantian, supaya mobil tetap setabil saat mengalami goncangan, selain itu usia shockbreaker juga jadi lebih awet.

artikel menarik lainnya


- Cara cek kondisi rack steering yang sudah rusak tapa perlu dibongkar
- Ciri ciri longtierod rusak
-
ini bahayanya jika karet boot sobek
- akibat shockbreaker rusak dan Cara mengatasinya

Post a Comment for "Letak dan Pungsi karet stopper Shock pada Mobil"