Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Cara cek kondisi rack steering yang sudah rusak tapa perlu dibongkar



Hallo otomotif - peran kaki-kaki mobil sangat penting keberadaannya apalagi jika kondisinya dalam keadan baik.

supaya tetap nyaman saat dikendarai tentunya perlu melakukan perawatan ektra untuk menjaga agar kondisi kaki-Kaki tetap normal.

Selain ball joint, tie rod, dan long tierod tentunya rack steer juga dapat mengalami masalah, kerusakan rack steer steering eps cepat sekali mengalami kerusakan dibanding racksteering minyak, pasalnya stering eps hanya mengandalkan grease atau gemuk sebagai pelumas nya,

baca juga: Ciri ciri longtierod rusak.


jika pelumas di dalam rumah rack sudah kering maka dapat mempercepat kerusakan rack steer.
Steering rack akan seret dan mengakibatkan baret pada pada batang Rack steer sehingga teplon pelindung setir secara perlahan akan terkikis dan longgar. Jika pelastik teplon sudah longgar maka dapat mengakibatkan bunyi gluduk - gluduk kasar ketika melewati Jalan rusak.

Cara cek Rack steer yang sudah rusak


Untuk Cara melakukan pengecekannya sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

Caranya yaitu dengan membelokan kemudi setir ke arah kanan sampai habis, kemudian lakukan pemeriksaan pada bagian roda sebelah kiri dengan Cara memukul bagian tengah antara batang tie rod dan longtierod yang terhubung ke bagian rack steer dengan tangan.

Jika saat dipukul terdengar bunyi duk-duk - duk, maka bisa dipastikan Racksteer sudah rusak dan harus dibongkar untuk memperbaikinya.


Kerusakan Rack steer pada umumnya akan terdengar bunyi gluduk pada bagian roda kiri akibat pelastik teplon (bushing racksteer) sudah longgar. Adapun bunyi tersebut terdengar juga sampai ke roda bagian kanan saat mobil mengalami guncangan saat jalan rusak bisa disebabkan pinion atau klaher pinion sudah rusak.
baca juga : - ciri-ciri rack steering sudah bermasalah

biaya perbaikan rack steer


Untuk masalah piaya perbaikan meliputi penggantian bushing rack steer dan klaher pinion perlu menyiapkan dana sekitar 900 sapai 1,5 juta sudah termasuk jasa bongkar pasang. Biaya tersebut bisa Kurang atau bahkan bisa lebih, hal itu tergantung jenis mobil Yang akan diperbaiki.

Jika rack steer sudah bunyi sebaiknya lakukan Service seblum komponen setir lainnya mengalami kerusakan atau Yang lebih fatalnya Rack steer bisa bengkok.

Kalau sudah bengkok tentu tidak dapat di perbaiki. Dan mau tidak mau harus mengganti Racksteer dengan Yang baru Yang memakan biaya hingga jutaan rupiah .

- - artikel lainnya - -
- Tips merawat power steering sistem hidrolis agar tidak mudah rusak
- Cara merawat rack elektik (eps) agar tidak cepat rusak
- Penyebab dan cara atasi setir mobil terlalu ringan (masalah power steering)

4 comments for "Cara cek kondisi rack steering yang sudah rusak tapa perlu dibongkar"

Berlangganan via Email