Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Ciri ciri karet Bushing stabilizer bermasalah atau rusak

Sejutamodif.com - suspensi pada Mobil memang tidak lepas dengan Yang namanya komponen berbahan karet. Cotohnya saja Bushing arm, di bagian suspensi memang terdapat bebeberapa jenis bushing, Yang mana karet Bushing tersebut memang merupakan komponen penting sebagai penghubung antara suspensi ke sasis Mobil, selain itu, pungsi penting lainnya sebagai peredam suspensi supaya getaran di bagian kaki kaki tidak merambat ke boby Mobil.

baca juga : penyebab bushing arm cepat rusak atau pecah

Di bagian suspensi Mobil juga terdapat karet Bushing arm stabilizer atau (Bushing stabil), Yang mana Bushing stabilizer ini saling berkaitan antara link stabillizer Dan batang stabillizer bar.

Sebagai contoh bisa anda perhatikan gambar dibawah ini.


Link stabilizer terhubung ke batang shockbreaker dan memegang ke batang stabilizer bar. Sedangkan batang stabilizer bar dihubungkan ke sasis mobil melalui karet Bushing stabilizer.

baca juga : ciri - ciri link stabilizer rusak dan dampaknya

Pada kenyataannya memang semua komponen pasti akan mengalami kerusakan seiring lamanya usia pakai kendaraan tersebut. Selain itu kerusakan juga bisa disebabkan oleh kelalaian pengendara. Contohnya seperti sering menghantam lobang jalanan atau sering melewati jalanan Yang rusak serta tanggulan.

Ciri ciri karet Bushing stabilizer rusak



Seperti Yang sudah kami sampaikan, bahwa karet Bushing stabilizer terbuat dari bahan karet Yang lentur Yang berpungsi untuk menyelimuti sisi kiri dan sisi kanan dari batang stabillizer bar, sekaligus sebagai alas untuk menghubungkan ke sasis Mobil supaya tidak persentuhan langsung antara batang stabilizer bar dengan sasis mobil.

Ketika mobil berjalan, batang stabilizer bar dan perangkat lain juga ikut bekerja mengikuti setiap pergerakan Mobil, Apalagi saat mobil melewati tangulan atau poldur, semakin keras goncangan mobil maka kinerja karet bushing stabilizer akan semakin berat juga kerjanya.

baca juga : letak dan fungsi karet stopper Shock pada mobil

Semakin sering mobil berayun, tentunya semakin cepat Bushing stabil melami keausan, Sehingga mengakibatkan komponen tersebut menjadi tipis dan Lama kelamaan lubang bushing semakina melebar, dan efeknya batang stabilizer akan kendor.

Ketika karet bushing stabilizer Sudah rusak atau aus, untuk mengecek kerusakannya yaitu dengan Cara menggoyangkan batang stabilizer, ketika saat batang stabilizer bar dogoyang-goyangkan terasa kendor atau oblak, maka bisa dikatakan karet tersebut sudah rusak dan perlu untuk menggantinya.

Karet bushing stabilizer pecah atau sobek



Selain karet bushing stabil sudah menipis atau mengalami keausan, ciri ciri lain juga bisa anda perhatikan jika karet tersebut sudah sobek atau pecah.
Karet stabil Yang sobek dan pecah tersebut biasanya diakibatkan kurangnya memperhatikan komponen tersebut.

Saat karet stabilizer sudah oblak atau menipis lalu dibiarkan terlalu Lama tanpa melakukan penggantian, maka efenya membuat Karet stabilizer pecah. Jika sudah begini, maka besar kemungkinan dapat mengakibatkan kenyamanan dan kestabilan Mobil menjadi berkurang, masalah lainnya tentu akan terdengar bunyi seperti gluduk-gluduk di bagian bawah mobil.


Jika sudah ada ciri ciri karet Bushing stabilizer sudah rusak, sebaiknya segeralah melakukan penggantian, Karna biasanya, jika salahsatu komponen bermasalah, maka efek lain bisa merambat ke komponen lainnya yang memang masih berkaitan dengan komponen yang rusak tersebut.

Post a comment for "Ciri ciri karet Bushing stabilizer bermasalah atau rusak"

Berlangganan via Email