Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Beberapa hal yang harus anda ketahui disaat anda hendak membeli shockbreaker baru original

Beberapa hal yang harus anda ketahui disaat anda hendak membeli shockbreaker baru original

Hy sobb.. Apakah shockbreaker mobil anda sudah mengalami kerusakan seperti terjadi bocor , atau shockbreaker mobil anda sudah lemah dan limbung?

Jika hal itu sudah terjadi pada shoockbreaker mobil anda, lalu apa yang ingin anda lakukan?

1. Apakah lebih memilih service shockbreaker ?

2.atau lebih memilih untuk mengganti nya dengan membeli jenis shockabsorber baru yang original,

Jika anda ingin membeli shockbreaker baru, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang memang perlu dan harus anda ketahui, supaya anda tidak salah dalam membeli shockbreaker baru, karna dijaman seperti sekarang ini banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang salahsatunya yitu dengan mendaur ulang sockbreaker bekas menjadi seperti baru, bahkan hal ini sudah terjadi dimana-manan dan saya pun terkadang merasa sulit membedakan antara jenis shockbreaker hasil daur ulang dengan shockbreaker yang benar-benar baru dan original,

Namun ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa shockbreaker mobil yang hendak anda beli itu bukan lah shockbreaker bekas hasil daur ulang,

1 Sekarang anda tidak usah khawatis lagi, karna ada beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri shockbreaker palsu alias daur ulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan shockbreaker ribilan,

Disaat anda membeli shockabsorber ditoko-toko sparepart , biasanya ada beberapa jenisi merk yang ditawarkan dari mulai harga yang lebih murah sampai yang harganya terbilang mahal,

Dari mulai kualitas KW1 sampai kualitas KW2,

Dalam hal ini biasanya ada komponen palsu dan komponen yang benar asli baru.

Komponen palsu mungkin bisa anda kenali dengan cermat dari segi bentuk dan kemasannya serta dari pisik shockbreaker tersebut

Komponen palsu biasanya memiliki kemasan yang berbeda dengan yang asli, baik dari hologram, bahan kemasan, hingga bentuk huruf tulisan di kemasan tersebut.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui shockbreaker asli tapi palsu itu?

Seperti yang sudah dikutif dalam tempointeraktif.com bahwa ada 5 cara yang bisa anda perhatikan

1. Perhatikan titik las Umumnya shockbreaker baru tidak memiliki titik bekas pengelasan pada dindingnya. Meski demikian ada beberapa merek shocbreaker yang memiliki titik bekas las. "Nah, untuk melihat asli tidaknya, kenali dulu beberapa shocbreaker yang memiliki titik bekas pengelasan. Tanyakan pada orang yang ahli atau teman," anda yang lebih tau

Setelah mengetahui merek-merek tersebut lalu perhatikan apakah titik pengelasan tersebut halus atau kasar. Shocbreaker yang asli biasanya memiliki titik las yang halus dan bukan bekas digerinda.

2. Cermati bekas gerinda dan suntikan Shockbreaker lama yang didaur ulang juga bisa dikenali dari ada tidaknya bekas penghalusan pada bagian-bagian tertentu yang dilas dengan menggunakan gerinda. Selain itu, oknum produsen shockbreaker daur ulang mengelabui pembeli dengan menyuntikkan oli pada bagian bawah atau dibalik ring penahan shield.

"Memang tidak mudah untuk mengetahui ini. Tetapi kalau ring dibuka akan terlihat komponen ini telah disuntik,"

3. Perhatikan drat pada ulir Shockbreaker daur ulang bisa dikenali dari ujung drat yang tidak sempurna. Hal itu terjadi karena shocbreaker bekas itu biasanya dibubut, sehingga bentuk drat tidak sempurna.

4. Cermati batang tengah Perhatikan pula batang tengah, bila terdapat goresan berarti batang tersebut telah pernah dipakai. Sebab ketika digunakan batang bekerja naik turun, dan hal itu membawa dampak tergoresnya permukaan batang. Jangan lupa mengecek lubang baut di bawah shockbreaker. Bila lubang baut terluka berarti shocbreaker pernah digunakan alias bekas. Untuk menutup luka di lubang baut, biasanya produsen nakal menggunakan dempul.

"Karena itu tidak ada salahnya untuk mengorek-ngorek bagian itu. Toh, kalau komponen itu asli tidak akan terluka atau lecet," .

5. Cek cara kerja shockbreaker Langkah terakhir adalah dengan melakukan cara kerja komponen tersebut. Caranya, ambil shockbreaker dan pegang bagian atas dengan posisi tegak lurus. Setelah itu tarik dan tekan kuat-kuat hingga garis batas maksimal, kemudian lepaskan.

Bila dalam proses kembali pada titik semula tersendat berarti ada udara tertahan. Shockbreaker yang benar-benar baru biasanya berjalan lambat tetapi bukan tersendat-sendat.

Jangan lupa perhatikan permukaan batang, bila ada bekas berwana kehitaman atau kebiruan berarti batang pernah bergesekan. "Itu tanda shockbreaker pernah digunakan, karena akibat kerja naik turun menyebabkan batang seperti tergores," .

Pengamatan gerakan batang juga harus hati-hati. Pasalnya, shockbreaker bersifat double action dan single action. Shockbreaker double action gerakannya tidak secara langsung, tetapi ada jeda meski lambat. Namun, yang pasti, bukan tersendat-sendat.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui jenis dan pisik shockbreaker asli baru dengan shockbreaker baru hasil daur ulang,

Post a comment for "Beberapa hal yang harus anda ketahui disaat anda hendak membeli shockbreaker baru original"

Berlangganan via Email