Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

5 penyebab kaki-kaki depan Suzuki X Over Terasa keras dan bunyi

Permasalahan Yang sering terjadi pada bagian kaki-Kaki memang sudah lumrah dialami oleh pemilik kendaraan jika Mobil sudah mencapai usia 2 atau 5 thn, hal itu bisa saja terjadi akibat usia pakai atau seringnya melintasi jalanan rusak .

Hususnya pada mobil suzuki xover Yang memiliki usia lebih dari 5tahun ini pastinya komponen suspensi sudah mulai lelah dan diperlukan pengecekan di sektor kaki-kaki.

Pada suspensi depan suzuki x-Over ini terdiri dari beberapa komponen Yang saling terhubung. Ketika komponen pada bagian kaki-Kaki sudah mulai bermasalah biasanya akan menghasilkan bunyi Yang terdengar dibagian Roda, adapun gejala lainnya yaitu mobil Terasa limbung atau terasa kurang nyaman akibat suspensi terasa keras.

Masalah yang sering dialami suzuki X over ini biasanya suspensi terasa keras dan timbul bunyi gluduk-gluduk ketika melewati jalanan kriting. Untuk lebih lengkapnya bisa anda simak sebagai berikut:

5 masalah di bagian kaki-Kaki depan suzuki X over



Seperti Yang sudah kami singgung diatas bahwa komponen suspensi depan suzuki x over ini terdiri dari beberapa komponen, jika salahsatu komponen ada Yang sudah rusak pastinya mobil jadi kurang setabil dan tidak nyaman saat dikendarai.

1. Shockbreaker terasa keras

Masalah Yang sering dialami biasanya suspensi Yang mulai terasa keras. Masalah seperti ini bisa dirasakan ketika mobil sedang melaju di jalan Yang bergelombang, lebih terasa lagi pada saat melewati gundukan atau tanggulan.

Jika suspensi terasa keras maka bisa dipastikan shockbreaker sudah rusak. selain keras, keluhan lain jika shockbreaker sudah bermasalah juga bisa dirasakan jika mobil terasa limbung hal itu biasanya suspensi sudah lemah sehingga tidak dapat meredam ayunan suspensi ketika mobil melewati berbagai kondisi jalanan.
baca juga : apakah shockbreaker rekondisi bisa awet untuk jangka panjang

2. Balljoint Yang sudah aus

Permasalahan lainnya juga bisa dialami oleh komponen Yang satu ini yaitu ball joint. Meskipun komponen ini bisa dikatan jarang rusak, tapi bukan tidak mungkin seiring lamanya usia pakai dan seringnya melewati jalanan rusak dapat mengakibatkan ball joint Aus. Ketika ball joint sudah rusak maka ketika melewati jalanan tidak rata akan timbul bunyi gluduk-gluduk kasar seperti suara benturan besi .

Balljoint suzuki X Over ini menyatu dengan lengan ayun atau arm sayap. Jika sudah rusak maka harus diganti 1 set dengar lengan ayun berikut Bushing armnya alias tidak bisa diganti ball joint nya saja. Kisaran harga cukup lumayan mahal berbeda dengan jenis mobil lainnya, untuk harganya berkisar Rp 600/800 ribu.

3. Link stabilizer

Pada suspensi bagian depan suzuki X over dilengkapi link stabilizer pada setiap rodanya yang berperan sebagai penyeimbang antara roda kiri dan roda kanan.

Link stabil ini merupakan komponen kecil Yang bentuknya mirip tierod, hanya saja link stabil ini memiliki dua titik bola-bola joint. Meskipun kecil tapi kinerjanya cukup berat sehingga cepat rusak dan aus . Kerusakannya bisa dideteksi saat lelewati jalanan keriting dan suaranya mirip seperti ball joint, hanya saja bunyinya sedikit samar dan hanya terdengar bunyi "tuk tuk tuk ketika lewati jalan kriting.

4. Tierod dan longtierod

Perhatikan juga pada 2 komponen ini yakni tie rod dan rack end. Jika sudah aus atau oblak maka Dua komponen ini dapat mengakibatkan bunyi layaknya ball joint dan link stabil. Selain menimbulkan bunyi, keluhan lain dapat dirasakan saat mobil melaju di jalan lurus, Jika steer terasa narik kesatu sisi bisa jadi komponen tersebut sudah bermasalah. Ciri-ciri lainnya akan terasa ada speeling atau ada kekosongan di bagian kemudi saat digerakan.

5. Rack steering EPS

Salah satu masalah yang kerap dialami sebagian pemilik Suzuki X over yaitu Bunyi gluduk-gluduk kasar ketika melewati jalanan keriting atau paving block yang bergelombang.

Penyebab bunyi bisa disebabkan dari bushing racketeering yang sudah aus sehingga as rack steer oblak. Masalahnya bisa diakibatkan pelumas atau grees yang sudak kering sehingga Bushing Rack steering cepat kemakan dan aus. Jika dibiarkan terlalu Lama maka komponen lainnya seperti gigi pinion dan gigi as racksteer akan tumpul dan rompal, yang lebih parahnya yaitu as rack steering bisa bengkok.

Mengenai biaya perbaikan racksteer cukup mahal sekitar 1,3 sampai 1,5 juta . Maka dari itu diperlukan pengecekan berkala pada sektor suspensi sebelum kerusakan menjadi semakin banyak. Untuk Cara pengecekan Rack steer bisa dilakukan dengan mudah Caranya bisa anda baca di artikel verily : Cara cek kondisi rack steering yang sudah rusak tapa perlu dibongkar

Post a comment for "5 penyebab kaki-kaki depan Suzuki X Over Terasa keras dan bunyi"

Berlangganan via Email