Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Periksa 10 Komponen Penting Pada Mobil Anda sebelum pepergian Jauh agar aman dan nyaman

kEyword: persiapan untuk perjalanan jauh
tips perjalanan jauh menggunakan mobil
perlukah service mobil sebelum mudik
cara mengecek mobil sebelum bepergian
service mobil persiapan mudik
mobil yang cocok untuk jarak jauh
cek mesin sebelum mudik

Cara aman mengendarai mobil untuk jarak jauh

Mobil adalah salahsatu jenis kendaraan yang nyaman dan aman serta cocok untuk anda gunakan untuk melakukan bepergian jauh , apalagi disaat hendak berliburan bersama sanak sodara atau keluarga tercinta.

Ada beberapa keunggulan saat anda menggunakan kendaraan mobil saat hendak berpergian jauh.salahsatunya yaitu anda dan kelurga anda akan terhindar dari kepanasan disaat siang hari, itupun jika kendaraan anda sudah dilengkapi dengan AC. Selanjutnya anda tidak akan kehujanan dikala hujan tiba. Dan anda juga mungkin akan terhindar dari berbagai kuman dan bakteri dari debu jalanan yang hinggap di kulit sensitif anda. Hii.

Namun ada beberapa hal yang wajib untuk anda lakukan sebelum anda ingin berpergian jauh. Yaitu memastikan terlebih dulu kondisi mobil anda, apakah kendaraan yang akan anda gunakan benar _benar dalam keadan prima atau baik baik saja .
Oleh karna itu alangkah lebih bijaksana jika anda memeriksa bagian komponen-komponen terpenting pada kendaraan anda sebelum berangkat . Halnitu bertujuan demi menjaga kemyamanan dan keselamatan diri anda beserta keluarga anda .


1)Cek komponen kaki-kaki mobil



kendaraan anda seperti tie rod balljoint .joint stabillizer .bushing-arem. Shocknreaker dan komponen kaki-kaki lainnya. Dan pastikan komponen tersebut masih dalam keadaan normal dan masih layak pakai. namun jika salahsatu dari komponen kaki-kaki tersebut sudah aus atau rusak tentunya hal itu akan menjadi beban keselamatan bagi anda dan keluarga.

2)

periksa oli mesin kendaraan anda


Anda bisa mengeceknya dengan membuka dan melihat alat pengukur oli atau (dipstick) yang tersedia .  Jika oli mesin pada dipstick menunjukkan ketinggian pelumas atau kurang nya oli mesin dibawah batas minimal segera tambahkan oli mesin. Perlu untuk diingat kapan terakhir kali mengganti minyak pelumas mesin, bila sudah waktunya masa penggantian oli mesin segeralah ganti sesuai dengan spesifikasi yang telah dianjurkan oleh produsen mobil.

3)

Periksa tabung minyak rem dan tabung minyak kopling serta oli power steering .


Jika pelumas atau minyak rem da kopling sudah nerkurang sebaiknya anda hendap menambah pelumas minyak rem.


4.  Periksa air radiator


Periksa air radiator. Dan jika kurang segera tambahkan, cek air tabung penampung. Jika kurang segera tambah air, akan lebih baik jika anda menambahkannya menggunakn air radiator coolant, atau jika menggunakan air biasa pastikan menggunakan air yang bersih agar radiator terhindar dari kotoran yang lama kelamaan akan menumpuk dan menimbulkan kerak dalam sistem pendingin yang akan membuat sirkulasi air radiator tersumbat.

5)Periksa pula tabung air penyeka kaca, bila kurang segera tambahkan.

6)
Periksa tali kipas


Periksa tali kipasdengan cara melihat dan meraba. Bila terlihat kering, getas dan ada bagian yang retak-retak, segera ganti dengan yang baru agar tidak putus ditengah jalan.

7.  Cek level ketinggian air aki



Cek level ketinggian air aki. apakah masih pada garis Level Up atau Low, segera tambahkan bila kurang. Pada masa sekarang ini sudah banyak aki yang dilengkapi dengan indikator. Tetap berhati-hati dalam menambahkan jumlah air aki, jangan sampai berlebih. Periksa pula terminal positif dan negatif aki untuk memastikan bahwa terminal aki tersebut bebas dari kotoran dan karat. Karat pada terminal aki dapat menghambat arus, segera bersihkan dengan amplas / sikat kawat. Kondisi terminal aki yang bersih secara otomatis akan menjamin pasokan arus listrik bisa berjalan dengan lancar.

8.  Cek sistem penerangan atau semua lampu mobil

, pastikan semua berfungsi dengan baik agar bisa mendukung kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Khususnya lampu kepala dan bim serta lampu sen dan lampu rem, karena sangat dibutuhkan baik perjalanan siang ataupun malam hari.

9.  Cek tekanan angin ban,


Cek tekanan angin ban dansesuaikan dengan petunjuk dibuku manual. Jangan lupa periksa pula keausan ban. Cara paling mudah dan sederhana untuk melihat keausan tersebut adalah dengan melihat tire weare indicator (TWI) pada bagian dinding atas ban. Jika tapak ban sudah menyentuh TWI yang berbentuk gambar segitiga, sebaiknya ban segera diganti. Jangan lupa memeriksa ban serep serta alat-alat seperti dongkrak dan kunci roda.

10.  Selalu pastikan kondisi fit pengemudi

Selalu pastikan kondisi fit pengemudi
agar dalam keadaan bugar, tidak mengantuk dan lelah. Segera istirahatlah beberapa menit bila saat mengemudi merasa capek serta mengantuk. Selalu waspadalah bahwa tingkat keamanan bukan hanya pada kondisi baiknya kendaraan tetapi juga pada pengemudi dan cara mengemudi yang baik dan benar, serta patuhilah rambu-rambu yang ada.

Poin penting dalam catatan diatas yaitu lakukan atau cek terlebih dulu kondiisi mobil anda pada ahlinya atau ke bengkel langganan anda.

Itulah 10 tips yang perlu anda perhatikan sebelum berpergian jauh. Dan hanya itu yang bisa kami sampaikan buat anda . Semoga Aman dan Selamat sampai  Tujuan.

1 comment for "Periksa 10 Komponen Penting Pada Mobil Anda sebelum pepergian Jauh agar aman dan nyaman"

  1. Nossos sanitários químicos são modernos,
    amplos e de altíssima qualidade, e também oferecemos todo
    suporte necessário a começar de a instalação até a remoção periódica dos resíduos,
    limpeza e reposição dos produtos necessários para movimento do sanitário.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email