Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Apa Penyebab RPM Avanza naik turun? Simak selengkapnya


Wajib anda ketahui beberapa penyebab RPM pada mobil toyota avanza yang naik turun, hal ini wajib anda ketahui supaya jangan sampai mesin mobil anda mati.


Yang pertama. Salahsatu penyebab yang bisa menyebabkan RPM pada mobil avanza naik turun biasanya sudah terjadi masalah pada bagian Idle Speed.

Idle speed ini merupakan salahsatu komponen yang berfungsi dalam mengatur Idle RPM. Salahsatu masalah pada bagian idle speed ini biasanya  disebabkan oleh menumpuknya kotoran , sehingga bisa menyebabkn pasokan udara ke mesin tidak lagi stabil.

Untuk Cara mengatasinya sebaiknya membersihkn bagian aktuator ISC dan juga saluran idle secara rutin dan teratur. tidak ada salahnya mengutak-atik sendiri selama masih mengikuti aturan yang benar sehingga tidak menimbulkan masalah lain. Yang pertama Anda hanya perlu membuka bagian ISC dan membersihkan bagian-bagian katupnya. Dan  jangan lupa
bersihkan juga bagian lubang idle nya dengan menggunkan carburator cleaner.

2.akibatkan Mass Air Flow Kotor


Masalah yang kedua yang jadi Penyebab RPM Avanza naik turun yaitu sudah terjadi masalah pada bagian mass air flow yang disebabkan  sudah kotor. Letak Mass Air Flow posisinya berada di tabung fiter udara , mass air flow tersebut memiliki fungsi untuk mendeteksi banyaknya pasokan udara yang ada dan yang masuk ke dalam mesin. Karena merupakan bagian dari filter udara, bagian ini sangat berpotensi terjadi adanya kotoran. Jika mass air flow kotor, maka tentu saja sensor tersebut tidak akan berfungsi untuk mendeteksi dengan akurat. Oleh karna itu hal ini juga bisa berakibat mempengaruhi jumlah volume bensin yang keluar dari injektor.

Untuk cara mengatasi masalah RPM  naik turun yang disebabkan  masalah pada mass air flow, anda hanya perlu melakukan pengecekan pada bagian sensor dan rangkaian sensor tersebut. Hal ini untuk memastikan apakah yang bermasalah ada di bagian sensor atau pada rangkaian sensor. Untuk memastikannya, anda bisa melakukan pemeriksaan pada kabel dan konektor kabel. Selanjutnya bersihkan juga bagian sensor MAF dengan menggunakan pembersih karburator atau sejenisnya.

3. Masalah Pasa Throtle Body






Pada beberapa kasus masalah RPM naik turun ini disebabkan ada masalah pada Throtle Body. Masalah yang paling sering adalah Throtle body yang kotor. Namun masalah ini hanya terjadi pada mobil dengan sistem TAC atau biasa disebut dengan Drive by wire. Pada mobil jenis ini sudah tidak menggunakan kawat kabel lagi. Sehingga terdapat motor elektrik yang otomatis dapat membuka dan menutup sesuai perintah dari APP pada bagian pedal gas. Namun, mobil jenis TAC ini biasanya lebih sering berakibat mengalami masalah seperti RPM naik turun . Pada Saat katup throtle body sudah mengalami kotor, maka sensor juga dapat terganggu dan bisa menyebabkan rpm naik turun.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pidio yang sudah kami sajikan dibawah ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.



Berlangganan via Email