Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

6 penyebab bunyi gkuduk-gluduk di roda depan avanza dan xenia


Sudah tidak asing dengan nama mobil toyota avanza dan xenia. Mobil sejuta umat idaman keluarga dengan harga yang sangat terjangkau menjadikan nya laris manis di pasaran . Harga sparepart yang  rendah dan perawatan tergolong murah.


Tak lepas dari itu semua tentunya soal peratan harus di perhatikan juga, tidak hanya mesin saja. Sektor suspensi juga merupakan bagian terpenting yang perlu kita perhatikan, pasalnya bagian kaki kaki pada mobil merupakan sebuah rangkaian dari beberapa komponen yang saling berhubungan antara komponen satu dengan ygang lainnya.

Yang mana pungsinya yaitu untuk menstabilkan serta menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.
Oleh karna itu kami akan membahas beberapa keruskan komoponen pada kaki kaki depan avanza dan xenia yang jadi penyebab adanya bunyi gluduk gluduk di roda depan.

Perlu kita ketahui selaku pemilik mobil avanza dan xenia, bahwa komponen yang ada pada kaki kaki depan nya terdiri dari beberapa komponen, berikut selengkapnya dibawah ini:

kaki-kaki depan toyota avanza dan xenia penyebab bunyi gluduk-gluduk


1. Shockbreaker.
2.Karet suport shockbreaker 
3. Tierod n longtoerod/rackend
4. joint stabil/stabil link
5. Busing upper atau bushing arm.
6. Balljoint.


shockbreaker


pungsi Shockbreaker yaitu untuk meredam ayunan body mobil saat melewati medan jalanan yang di tempuuh supaya pengendara dan penumpang dapat merasakan kenyamanan.

Kerusakan pada shockbreaker bisa ditandai dengan adanya bocor yang keluar dari bagian seal nya . Jika oli pada shockbreaker sudah berkurang, hal itu tentu dapat menyebabkan bunyi gluduk-gluduk serta mobil terasa limbung, hal itu diakibatkan oleh shockbreaker sudah  tidak mampu meredaman nya. Untuk lebih lengkap nya bisa anda simak disini
Dan untuk cara mengatasi shock depan mobil yang bocor bisa anda baca disini

 tie rod dan long tie rod 


Tierod dan longtierot merupakan komponen yang terhubung ke racksteer dan memegan ke knukle roda, jika tierod dan longtierod sudah rusak biasanya kemudi setir terasa speleng  banyak, Ban akan cepat aus dan kemakan sebelah serta permukaan ban jadi bergelombang. Saat mobil jalan lurus setir terkadang miring kiri atau miring kanan dan kemudi Setir mobil terasa bergetar.

Selain itu tentu nya kerusakan pada komonen tierod dan long tierod yang sudAh rusak mengakibatkan bunyi gluguk gluduk ketika melewati jalanan keriting. Untuk mengetahui cara memperbaiki tierod dan longtierod bisa anda baca disini


ball joint


Baljoint pada mobil avanza jumlahnya ada satu buah di setiap roda nya, yang mana letaknya dibagian paling bawah, balljoint ini merupakan komponen penting yang terhubung dengan knuckle roda untuk memuluskan putaran roda disaat setir berbelok, serta menjaga keseimbangan tegak lurus ban.

kerusakan balljoint pada mobil toyota avanza dan xenia tentu dapat mengakibatkan adanya bunyi gluduk -guluduk saat lewat jalanan rusak, jika balljoint sudah terbilang parah maka akan ada bunyi decitan seperti bunyi gesekan besi beradu besi ketika stir dibelokan kekiri dan kekanan dengan cepat pada saat mobil diam ditempat.
„Baca juga„
cara mengganti balljoint avanza dan xenia

Joint stabillizer/ stabil link


Sama halnya dengan balljoint, bahwa ada 1 buah komponen joint stabil di setiap rodanya, namun memiliki pungsi yang berbeda dengan balljoint.
Pungsi joint stabil gunanya untuk mengstabilkan atau sebagai penyeimbang mobil ketika melewati tikungan atau ketika melewati jalanan bergelombang sehingga mobil tetap seimbang, untuk mengetahui lebih lengkap tentang ciri-ciri kerusakan link stabillizer bisa anda baca disini


bushing arm /bushing upper arm.


Karet bushing arm menyatu dengan sayap yang menghubungkan antara arm dan sasis. Ketika karet bushing sobek biasanya timbul suara decitan saat mobil berayun. Namun jika karet bushing rusak parah atau pecah maka kemungkinan hal itu juga bisa berdampak bunyi jeduk jeduk saat mobil di rem 
selanjutnya...

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab bunyi gluduk - gluduk di di roda depan avanza dan xeni, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda,

Post a Comment for "6 penyebab bunyi gkuduk-gluduk di roda depan avanza dan xenia"