Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

8 Penyebab ban motor cepat botak dan gundul

Ban pada kendaraan hususnya motor merupakan sebuah komponen penting, pasalnya ban adalah komponen yang berhubungan langsung dengan aspal jalan. Merawat ban depan baik tentu dapat memperpanjang usia pemakaian meskipun kendaraan sering anda gunakan setiap hari.

Lalu apa yang jadai penyebab ban cepat botak?


Selain kurang nya perawatan pada ban, tentunya usia pakai yang Lama dapat mengikis sedikit demi sedikit permukaan ban dan akan menjadi botak. Namun hal itu wajar aja.

Nah oleh karna itu ada beberapa cara untuk merawat ban pada kendaraan anda supaya tetap awet dan tidak cepat botak dalam waktu yanv singkat.

1. wajib Periksa tekanan angin ban


Supaya permukaan ban awet dan tidak cepat gundul tentu anda harus selalu rutin melakukan pengecekan pada tekanan angin ban saat akan menggunakannya. sebab berurangnya tekanan angin pada ban menjadi salahsatu penyebab ban cepat rusak, pasalnya ban yang kurang angin membuat tapak ban pada permukaan aspal jadi lebih lebar,

Selain kurang nya tekanan angin pada ban, tentu saja ban yang terlalu keras juga bisa berdampak pada permukaan ban cepat botak,
solunyia cukup mudah, yaitu biasakan cek tekanan angin ban sebelum berpergian.


2. Akibat permukaan jalan


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa permukaan jalan yang kurang bagus tentunya dapag mengakibatkan ban cepat rusak, apalagi jalanan yang sering kita lalui merupakan jalana coran. jalanan coran akan lebih cepat mengikis permukaan ban ketibang aspal
Ketika kita melewati jalanan coran suara ban akan terdengar lebih kasar dibanding saat melewati jalanan aspal yang suara ban terdengar halus. Itu tandanya ban lebih banyak terkikis jika sering lewati jalan cor, dan hal itulah yg mengakibatkan permukaan ban cepat aus.

3. Jarak Tempuh kendaraan



Jika motor anda sering berpergian dengan jarak tempuh yang jauh sudah pasti dapat mengakibatkan ban cepat botak. Umumnya dengan jarak tempuh di atas 40 Km per hari maka usia ban biasanya hanya mencapai 1 tahun sudah botak, tidak hanya membuat permukaan ban cepat botak saja, sering melewati jalan rusak rusak bisajuga mengakibatkan ban cepat benjol.

4. Sering rem mendadak


Kurangi kecepatan saat berkendara guna untuk menghindari pengereman yang mendadak, pada umumnya ban akat cepat habis atau botak jika sering melakukan rem mendadak.

Artikel serupa telah tayang di https://sejutamodif.xyz/2020/04/penyebab-dan-cara-atasi-ban-motor-cepat.html

1 comment for "8 Penyebab ban motor cepat botak dan gundul"

Berlangganan via Email