Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

cara buang angin palsu pada rem cakram motor (Rem kembali normal)


Rem cakram terasa ngempos atau terasa kosong memang sering terjadi pada kendaraan Roda dua (sepeda motor), sehingga tuas rem harus ditekan berulang-ulang supaya ngerem.

Hal ini terjadi disebabkan adanya kebocoran pada sistem rem, atau bisa juga akibat rem cakram kemasukan angin palsu sehingga terjadi kekosongan yang membuat rem tidak berpungsi mendorong minyak rem dengan sempurna

Ketika tuas rem di tekan maka secara otomatis minyak rem akan mendorong Piston dan mnyalurkan tenaganya untuk menekan kampas ke piringan cakram.

Jika rem kemasukan anging palsu maka sistem rem tidak dapat bekerja dengan baik sehingga membuat rem kurang menggigit walaupun tuas rem ditekan cukup dalam.


Cara buang Angin Palsu Pada Rem Cakram Motor



Jika tidak terjadi kebocoran pada sismtem rem maka solusinya bisa kita atasi dengan Cara membuang angin palsu pada rem cakram, berikut langkah-langkah nya:

1. Buka tabung minyak rem


Langkah pertama yg kita lakukan saat akan buang angin palsu yaitu membuka terlebih dahulu tutup tabung minyak rem yang ada di handle rem cakram, pastikan minyak rem berada di batas maksimal, jika minyak kurang, maka tambahkan minyak rem sampai batas maksimal.

2. kendorkan baut nepel


Langkah berikutnya kendorkan baut nepel pembuangan angin yang letak nya dibagian kepala babi rem cakram, biasanya menggunakan kunci 8mm, sementara biarkan minyak rem keluar dari rumah nepel.

3. Tekan tuas rem secara berulang


Jika minyak rem tidak leluar maka perlu menekan tuas rem, tekan tuas rem secara berulang sampai minyak rem keluar.
Jika minyak rem sudah keluar maka kencangkan kembali baut nepel tersebut, selanjutnya tekan-tekan handel rem secara berulang lagi lalu tahan,
Sambil menekan tuas rem lalu buka kembali baut nepel tersebut sampai benar-benar minyak rem keluar, selanjutnya kencangkan kembali baut nepel nya jika dirasa rem sudah berpungsi normal,
jika tuas rem ditekan, dan rem langsung berfungsi itu tandanya angin palsu sudah hilang.
Jangan lupa perhatikan minyak rem dalam reservoir jangan sampe habis karna mengakibatkan rem kemasukan angin palsu lagi.
baca juga : 5 gejala pada rem cakram dan Cara memperbaikinya
Mungkin itusaja informasi kami kali ini mengenai Cara buang angin palsu pada rem cakram motor , baik rem depan atau belakang yang menggunakan cakram, karna proses pengerjaan nya sama saja kecuali rem trombol.

Artikel menarik lainnya :

- penyebab ban motor cepat botak dan Cara mengatasinya
- Cara mudah perbaiki Shock bocor
- Cara simpel membuka dan bersihkan karbu motor bermasalah

Post a comment for " cara buang angin palsu pada rem cakram motor (Rem kembali normal)"

Berlangganan via Email