Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Ciri-Ciri Timing Belt Sudah Bermasalah


Anda harus benar-benar tahu apa saja ciri timing belt bermasalah karena perannya penting. Timing belt merupakan salah satu parts paling penting pada mobil Anda. Tujuannya tentu saja supaya Anda bisa segera menyelesaikan masalah tersebut dan meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi kedepannya.

Perlu dipahami, timing belt ini adalah part kendaraan yang menyerupai sabuk pada mobil Anda. Fungsinya adalah sebagai penghubung antara kruk as mobil dengan camshaft. Kurang lebih, fungsinya mendekati rantai keteng pada kendaraan roda dua.

Peranan timing belt ini sendiri sangatlah vital. Kerusakan pada timing belt sama saja dengan kelumpuhan pada mobil tersebut. Sebagaimana jenis part lain pada mobil, timing belt ini sendiri juga memiliki masa aus.

Jika masanya sudah tiba, tentu saja Anda harus segera menggantinya. Masa aus ini juga merupakan pertanda jika timing belt sudah mulai bermasalah dan performanya tidak maksimal lagi. Lantas apa saja ciri timing belt bermasalah ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Timing Belt Terasa Tidak Elastis dan Mengeras


Ciri pertama dari timing belt bermasalah yang harus Anda pahami adalah berkurangnya elastisitas. Seperti Anda ketahui, bahan baku utama dari timing belt ini adalah karet. Sudah tentu timing belt yang masih baru memiliki elastisitas yang sangat bagus. Sedangkan timing
belt yang sudah mulai bermasalah biasanya berkurang daya elastisitasnya.


Bahkan jika dipegang, beberapa bagian pada bagian timing belt itu sendiri mulai mengalami getas atau mengeras. Kondisi inilah yang mewajibkan Anda untuk segera menggantinya. Jika tidak segera diganti dan dibiarkan, ada risiko besar yang mungkin Anda dapatkan.

Salah satunya adalah timing belt menjadi putus dan membuat mobil mogok.
Timing Belt Mobil Anda Sudah Mengendur Ciri timing belt bermasalah lainnya adalah keregangan yang sudah tidak seperti semula.

Sederhananya Anda bisa bilang jika timing belt ini sudah kendur sehingga tarikannya tidak maksimal lagi. Sebagaimana karet pada umumnya, mereka akan mengalami pengenduran
apabila dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sudah bisa dipastikan jika kondisi ini akan memicu terjadinya penurunan pada performa mesin mobil Anda. Jika dibiarkan dalam waktu lama tanpa diganti, bisa jadi timing belt ini akan terlepas. Sudah pasti mobil akan mengalami kelumpuhan jika timing beltnya terlepas.

Pada sisi lain, kondisi ini juga bisa membuat ritme rotasi timing belt tersebut tidak sesuai dengan performa awalnya. Jadi, sebelum kerusakakan bertambah parah, sebaiknya Anda
segera mengganti komponen ini secepatnya.

Timing Belt Menjadi Sangat Tipis


Ciri timing belt bermasalah lainnya adalah ketebalan yang sudah sangat berkurang. Bahkan cenderung tipis. Kondisi inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya timing belt putus.
Sudah pasti ada kendala besar dari kondisi satu ini. Mobil bisa mogok mendadak dan berdampak pada kerusakan part lainnya.


Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, pastikan untuk segera mengganti timing belt tersebut. Jangan menunggu hingga timing belt tersebut putus. Pasalnya kondisi satu ini bisa sangat membahayakan Anda. Terlebih saat berada pada jalanan yang berkecepatan tinggi. Bisa mengakibatkan kecelakaan jika tiba-tiba timing belt Anda putus.


Permukaan Belakang Timing Belt Tersebut Pecah Atau Retak


Ciri timing belt sudah bermasalah selanjutnya adalah permukaan belakang timing belt itu sendiri sudah terlihat pecah atau retak. Ini merupakan pertanda jika timing belt tersebut sudah mengalami masa aus dan harus segera diganti. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, ada risiko besar yang mengintai Anda.

Bukan hal yang tidak mungkin jika timing belt mendadak putus saat kondisinya sudah seperti ini. Jika sampai terjadi, sudah pasti keselamatan Anda juga yang jadi taruhannya. Karenanya perhatikan hal ini dengan baik. Demi keselamatan, jangan pernah Anda menyepelekan ciri timing belt bermasalah yang kami paparkan ini.

- - artikel lainnya - -

- Ini penyebabnya! Kelemahan Mobil Matic saat Melewati Tanjakan
- Tips Cara Mengatasi Cat Mobil yang Retak atau Baret
- 4 kerusakan rem mobil yang wajib anda ketahui

Itulah tadi informasi mengenai Beberapa ciri timing belt bermasalah yang seringkali muncul pada kendaraan dan menjadi pertanda jika Anda harus segera menggantinya.

1 comment for "Ciri-Ciri Timing Belt Sudah Bermasalah"

  1. You there, this is really good post here. Thanks for taking the time to post such valuable information. Quality content is what always gets the visitors coming. Colombian Waist Trainers

    ReplyDelete

Berlangganan via Email