Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Gejala Jika Kampas Kopling Motor Sudah Tipis atau Habis




Pasti mengerti hafal bagaimana gejala kampas kopling motor sudah tipis bagi sebagian pecinta kendaraan motor. Namun masih banyak juga pengendara yang belum bisa merasakan atau mengetahui gejala-gejaka ketika kampas kopling motornya sudah tipis, bahkan kampas sudah habis.


Sebenarnya apakah fungsi kopling pada motor? Mengapa harus ada kopling? Sebenarnya kopling memiliki fungsi untuk menghubungkan serta memutus putaran mesin ke transmisi.Namun ada pertanyaan mengapa tenaga mesin tidak langsung menuju transmisi? Dan
mengapa harus melewati kopling terlebih dahulu?


Pada dasarnya fungsi kopling untuk menghubungkan dan memutus putaran, maka ketika tenaga mesin langsung menuju transmisi motor akan mengalami sentakan, terutama saat berganti gigi. Kopling juga memutus putaran mesin ketika berhenti, baik ketika lampu merah atau lainya tanpa mematikan motor.


Motor Terasa Selip


Gejala kampas kopling motor habis adalah motor terasa mengalami slip. Pasti Anda akan merasakan gejala ini jika motor Anda sudah lama tidak dibawa ke bengkel. Selip yang dimaksud bukanlah selip di bagian ban seperti ketika ban gundul, namun selip di mesin.


Biasanya jika sudah demikian maka ketika Anda menggeber kendaraan Anda, motor akan sulit untuk diajak akselerasi. Motor terasa seperti gas besar namun kecepatan tidak naik secara signifikan. Mungkin banyak orang yang mengambil istilah geber pada kondisi motor
selip seperti ini.


Motor Kesulitan Melaju


Gejala kampas kopling motor habis selanjutnya adalah motor seperti tertahan ketika hendak melaju. Kasus ini biasanya mengakibatkan motor tidak langsung bergerak ketika kopling dilepas. Ketika sudah mengalami gejala seperti ini segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk mengganti kampas kopling.


Kecepatan Motor Berkurang


akibat Kampas kopling yang sudah habis juga bisa memengaruhi laju kendaraan Anda. Sebenarnya gejala ini merupakan dampak dari mesin yang selip. Ketika mesin selip maka tenaga motor akan sia-sia meskipun sudah berada pada gas yang besar.

Tenaga besar dari mesin tidak bisa membuat aju kendaraan melaju kencang. Hal ini juga akan menjadikan bensin lebih boros. Konsumsi bensin akan tetap seperti biasanya namun
tenaga yang dihasilkan tidak sebesar yang seharusnya sehingga kecepatan motor berkurang drastis.


Mesin Kasar saat Kecepatan Tinggi


Gejala lain akibat mesin selip adalah terdengar suara kasar ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Ini diakibatkan oleh flywheel mesin yang mengalami gesekan dengan kopling karena kampasnya sudah tipis. Akibatnya ketika Anda melaju, Anda bisa mendengar suara mesin Anda.


Selain itu, ini juga terasa sedikit beda dengan suara mesin motor pada biasanya. Gejala yang
timbul ini sesegera mungkin Anda bawa kendaraan ke bengkel terdekat. Jika dibiarkan maka mesin akan mengalami kerusakan lain bahkan bisa saja muncul masalah serius lain.


Mesin Cepat panas


Gejala kampas kopling motor sudah tipis lain adalah mesin motor yang cepat panas. Jika dua benda bergesekan secara terus menerus tanpa adanya kampas, tentu saja akan menghasilkan panas. Ini juga terjadi pada mesin ketika kopling dengan flywheel saat mesin
menyala.


Sulit Berganti Gigi


Ini biasanya menjadi gejala yang paling mudah dirasakan bagi setiap pengendara. Ketika kampas kopling habis, maka ketika berganti gigi, gigi tidak langsung berganti dan bahkan
menghasilkan sentakan kecil. Sentakan ini sungguh tidak nyaman bagi setiap pengendara.

Jika sudah menunjukkan gejala-gejala tersebut, alangkah baiknya jika segera membawa motor Anda ke bengkel. Semakin lama Anda membiarkan motor seperti ini, maka semakin besar kerugian Anda. Karena itu setiap muncul gejala kampas kopling motor sudah tipis, segera bawa ke bengkel.


Itulah Berikut mengenai gejala kampas kopling motor habis, sebagai salah satu komponen
penting, kopling berguna untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi.

Post a comment for "Gejala Jika Kampas Kopling Motor Sudah Tipis atau Habis"

Berlangganan via Email