Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Ini penyebabnya! Kelemahan Mobil Matic saat Melewati Tanjakan

Ada beberapa kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan yang wajib Anda pahami. Mobil matic banyak digemari di era modern ini. Terlebih oleh para wanita. Sudah bisa dipastikan jika hal ini bersifat penting dan bisa mendatangkan banyak gangguan jika Anda tidak memahaminya dengan baik.

Seperti Anda ketahui, ada dua jenis transmisi kendaraan yang bisa dipilih, yakni otomatis atau matic dan manual. Memang menggunakan kendaraan bertransmisi otomatis sangat memudahkan Anda. Namun ada juga beberapa kendala yang sering kali muncul dengan jenis kendaraan satu ini. Salah satunya adalah kendala saat melewati tanjakan.

Ada beberapa kelemahan yang muncul bilamana sebuah mobil matic menghadapi jalanan yang curam seperti ini. Tentunya diperlukan trik khusus agar kondisi tersebut bisa dihindari.
Penasaran apa saja kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan? Simak paparannya lebih lanjut pada paragraf di bawah ini!

Terjadinya Kebocoran pada Bagian Cairan Transmisi


Hal pertama yang sering kali terjadi pada mobil matic saat melewati tanjakan adalah kebocoran pada bagian cairan transmisi. Hal ini tidak terjadi secara langsung, namun biasanya bisa Anda lihat setelah Anda menggunakan mobil matic melewati tanjakan itu sendiri.

Biasanya pada lantai bagian bawah mobil muncul cairan merah atau hitam. Cairan ini adalah cairan transmisi. Cairan yang keluar ini adalah bukti jika bagian transmisi mengalami kebocoran. Namun Anda tak perlu panik.

Biasanya kondisi satu ini bisa diselesaikan dengan penggantian cairan beserta filternya secara tepat waktu. Sedangkan mengenai spesifikasinya, setiap kendaraan memiliki perbedaan. Sesuaikan saja dengan kondisi dan merk mobil Anda.

Mengalami Selip pada Bagian Transmisi


Hal lain yang menjadi kelemahan mobil matic ketika melewati tanjakan adalah transmisi selip. Pada saat momen seperti ini, Akan memunculkan suara yang aneh dan tidak biasa pada bagian bawah kendaraan Anda. Selip ini dipicu oleh pindahnya satu parts gigi pada mobil ke bagian gigi lain tanpa Anda memindahkannya.

Ciri dari kondisi satu ini adalah daya dorong atau akselerasi yang mendadak hilang. Sebenarnya kelemahan satu ini tidak senantiasa menjadi sebuah fatal error. Selip transmisi bisa juga menjadi tanda jika parts transmisi pada mobil Anda sudah usang dan mengalami kondisi aus. Diperlukan penggantian dan servis sesegera mungkin untuk mengatasinya.

Sistem Komponen Listrik Mengalami Kegagalan


Kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan lainnya adalah sistem kelistrikan atau komponennya yang mengalami kegagalan. Bagian yang sering kali menjadi korban adalah sensor kecepatan alias speedometer dari mobil itu sendiri.
Jika kondisinya terjadi secara tiba-tiba, ini merupakan salah satu pertanda jika kendaraan Anda harus diperbaiki.

Jika dibiarkan tanpa perbaikan, bukan hal yang tidak mungkin apabila kerusakan sistem listrik tersebut akan merambat pada bagian lainnya dan membuat jaringan elektrikal pada mobil mengalami kerusakan total. Lakukan servis dengan segera jika mengalami hal ini.

Kerusakan Pada Flax Plate dan Gear Shift Lock


Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah kerusakan pada bagian flax plate. Parahnya hal ini juga sering kali diikuti dengan kondisi gear shift lock. Plat Flax pada mobil matic sering bekerja terlalu ekstrem pada saat melewati jalanan yang curam dan menanjak.
Kerusakannya juga bisa dilihat dengan kasat mata.

Namun yang lebih parah, biasanya kondisi flax plate yang mengalami kerusakan ini diiringi dengan gear shift lock. Ini merupakan kondisi di mana kendaraan matic Anda stak di gigi awal dan tidak bisa pindah gigi. Kondisi ini dipicu oleh medan yang terlalu curam dan menimbulkan solenoid shift pada parts transmisi.

Apabila dibiarkan, tentu saja kerusakan akan menjadi semakin parah. Inilah alasan kenapa Anda harus melakukan perawatan ekstra kepada kendaraan yang bertransmisi otomatis. Perawatan yang baik dan servis rutin bisa meminimalkan risiko yang muncul akibat
kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan ini.

- - artikel terkait - -

- Penyebab kemudi stir bergetar saat mesin dinyalakan
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil transmisi Matic dan manual
- Penyebab mesin mobil tiba-tiba mati saat kondisi mesin panas

Itulah tadi informasi mengenai Berbagai kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan dan hal-hal yang
biasa muncul akibat dari kelemahan-kelemahannya tersebut.

Post a Comment for "Ini penyebabnya! Kelemahan Mobil Matic saat Melewati Tanjakan"