Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Penyebab bushing arm rusak atau pecah

Sejutamodif.com - seperti Yang sudah kita ketahui, bahwa di bagian suspensi Mobil terdapat beberapa komponen penting, Yang salahsatunya ialah bushing arm.

Bushing arm merupakan komponen Yang terbuat dari bahan karet yang terhubung langsung dengan arm sayap (lower arm) , Yang berpungsi untuk mengurangi getaran dan guncangan Yang dihasilkan oleh pergerakan dan ayunan mobil ketika melalui berbagai kondisi jalan.

Selain itu, bushing arm juga berpungsi sebagai penahan roda ketika mobil menghantam lobang atau tanggulan.


Penyebab bushing arm rusak


Seiring lamanya usia pakai kendaraan, tentu dapat mengakibatkan Karet Bushing arm mengalami kerusakan.
Selain itu, penggunaan mobil Yang kurang baik juga bisa mengakibatkan Bushing arm cepat rusak dalam waktu singkat.


Akibat sering menghantam lobang


Banyaknya kondisi jalanan Yang kurang baik dan berlobang membuat kita harus ektra hati-hati pada saat berkendara, apalagi di malam hari,

tidak menutup kemungkinan bahwa seringnya melewati tanggulan atau jalan berlubang dapat mengakibatkan bushing arm cepat rusak.

Pada saat mobil melaju dengan cepat dan menghantam lobang , tentunya Bushing arm akan menerima hentakan Yang cukup keras, sehingga sesaat roda akan menekan mundur kebelakang sehingga beban karet Bushing menjadi berat, dan akibatnya bushing arm akan mengalami retakan atau sobek.


Ciri - ciri Bushing arm rusak


Selain mengetahui pungsi Bushing arm, anda juga perlu tau mengenai ciri -ciri atau tanda Bushing arm sudah rusak atau aus.

Untuk mengetaui Kerusakan pada Bushing arm pada Roda depan, caranya tidak terlalu sulit. jika ingin mengetaui kerusakan arm yang sebelah kiri, Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu membelokan roda ke arah kanan sampai mentok,

selanjutnya anda perhatikan di bagian kolong mobil sekitaran roda Kiri, nanti anda akan melihat bulatan karet Yang terhubung ke sasis mobil seperti gambar dibawah ini.


Untuk mengetahui Bushing arm masih bagus atau rusak, bisa dengan cara melihat fisik pada karet tersebut. Jika sudah ada retakan atau sobek, itu tandanya Bushing arm sudah rusak dan Harus segera diganti.
baca juga : ini bahayanya jika karet boot sobek

Dampak jika bushing arm rusak


Mengingat kerja dari Bushing arm ini cukup berat. sehingga wajar saja jika bushing arm cepat mengalami kerusakan, Tapi ada satu hal Yang perlu anda ketahui, yaitu mengenai dampak atau efek buruk pada kendaraan tersebut jika karet bushing arm sudah mengalami masalah atau rusak.

Laju Mobil tidak stabil


Bushing arm Yang sudah sobek atau pecah tentu dapat mempengaruhi kestabilan saat berkendara. saat Mobil melaju dijalan lurus biasanya kemudi setir Narik ke satu sisi atau kemudi setir berubah arah meski tidak dibelokan.

Selain itu, biasanya akan terdengar bunyi di bagian roda ketika mobil melewati jalanan rusak, ketika mobil berayun atau menerima goncangan akan terdengar bunyi berdecit Yang diakibatkan bushing arm udah sobek atau pecah. Bunyi tersebut disebabkan pecahan karet yang saling bergesekan dengan rumah Bushing arm.

Lihat juga pidionya disini


Mungkin itu saja informasi mengenai penyebab dan dampak Bushing arm sudah rusak atau pecah

1 comment for "Penyebab bushing arm rusak atau pecah"