Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

8 masalah Penyebab bunyi di roda depan nissan serena


otomotif - mengingat banyaknya komponen pada kaki-kaki mobil, sehingga sulit untuk memprediksi komponen mana yang sudah mengalami kerusakan.

Jika komponen pada kaki-kaki mobil sudah mengalami masalah atau terjadi adanya komponen yang rusak, gejalanya tentu bisa anda rasakan ketika sedang mengendarai mobil tersebut.

Jika ada gejala yang tidak wajar seperti mobil tidak stabil, mobil terasa limbung, setir terasa liar serta terdengar adanya bunyi gluduk-gluduk ketika melewati jalanan keriting atau berlobang, maka bisa dipastikan sudah ada salahsatu atau beberapa komponen pada bagian kaki-kaki mobil yang sudah bermasalah dan perlu melakukan penggantian.


Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai permasalahan yang kerap terjadi pada bagian kaki-kaki depan nissan serena.

Komponen kaki-kaki mobil nissan serena ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan antara komponen satu dengan yang lainnya. yang mana komponen tersebut berpungsi untuk memegang roda serta memberikan kenyamanan dan kestabilaan saat berkendara.

8 komponen kaki-kaki mobil nissan serena yang mengalami kerusakan


Pada bagian suspensi depan nissan serena terdiri dari beberapa komponen yang salahsatunya sebagai berikut:

1. Shockbreaker


Mungkin anda juga sudah tau mengenai pungsi shockbreaker pada kendaraan. Shockbreaker merupakan komponen kaki-kaki yang berpungsi meredam getaran atau ayunan berlebih pada saat mobil melewati berbagai kondisi jalan.

Ketika mobil melewati jalanan berlobang atau tanggulan, tentunya shockbrekaer akan mengalami hentakan yang cukup Keras dan mobil akan berayun lebih cepat. Dan pada saat itulah shockbreaker berpungsi menahan dan meredam ayunan berlebih supaya mobil tetap stabil dan nyaman.

Shockbreaker yang masih bagus tentu akan memberikan kenyamanan ketika mobil melewati berbagai kondisi jalan. Namun sebaliknya jika shockbreaker sudah mengalami bocor atau lemah maka pasti akan mengalami gejala-gejala yang tidak dinginkan seperti mobil terasa limbung dan bunyi ketika menemui jalanan rusak.
Cara mengatasi shock depan Mobil bocor
Ciri - ciri dan dampak akibat shockbreaker rusak

2. Balljoint


Di bagian suspensi depan nissan serena terdapat 1 komponen balljoint pada setiap rodanya. Yang mana balljoint ini berpungsi untuk memegang knuckle roda bagian bawah dan terhubung dengan arm sayap untuk memegang ke sasis mobil.

Ada banyak masalah yang timbul jika balljoint mengalami kerusakan. Balljoint yang rusak tentunya dapat mengurangi kinerja suspensi, daya cengkram ban berkurang dan terasa speling atau kendor ketika roda di gerakan pake tangan ke arah kiri dan kanan secara berlawanan saat mobil di dongkrak. Hal itu terjadi lantaran akibat balljoint sudah oblak.
1. ciri - ciri dan pertanda ball joint rusak
2. dampak akibat ball joint rusak


3. Tierod dan longtierod


Pada setiap mobil, hususnya pada bagian suspensi depan pasti terdapat 2 komponen tierod end dan longtierod, komponen ini adalah komponen pendukung yang terhubung antara knuckle roda ke bagian steering rack, Yang berpungsi untuk meneruskan putaran kemudi setir ketika akan membelokan roda.

Komponen ini rentan rusak jika sering melewati jalan rusak atau sering nya membelokan roda sampai mentok. Selain itu penggunaan ban dan velg yang lebih besar sangat berpengaruh pada komponen tersebut cepat aus.
1. Ciri - ciri long tierod rusak
2. Cara melepas atau Mengganti tie rod end mobil


4. Bushing arm sayap


Sistem suspensi depan nissan serena ini mengadopsi type suspensi macpherson strut. Yang mana sistem ini mengandalkan suspensi yang sederhana dan tidak rumit. Pasalnya suspensi depan nissan serena hanya memiliki 2 bushing arm sayap yang terhubung di satu lowwer arm.

Bushing ini terbuat dari bahan karet yang berpungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan pergerakan mobil agar getaran tersebut tidak terasa sampai ke body mobil.

Seiring lamanya usia pakai kendaraan tentu bushing arm dapat mengalami kerusakan. Ciri-cirinya dapat kitahui jika karet bushing sudah ada retakan atau sobek.
baca juga : penyebab bushing arm rusak atau pecah

5. Karet suport


Peran karet suport ini hampir sama dengan bushing arm. Yang mana pungsi nya untuk meredam getaran yang dihasilkan dari pergerakan mobil. Hanya saja Bedanya karet suport ini posisinya berada di bagian atas sebagai penghubung shockbreaker ke body mobil.

Kerusakan karet support ini biasanya sebagian besar disebabkan oleh kinerja shockbreaker yang kurang bagus atau lemah, sehingga beban kerja karet support jadi lebih berat dan mengakibatkan karet suport cepat rusak.
pengaruh dari karet support shockbreaker rusak atau jebol


6. Link stabil


Suspensi depan nissan serena ini juga dilengkapi dengan komponen link stabil di setiap rodanya, yang mana pungsinya untuk menyeimbangkan pergerakan body mobil supaya tetap seimbang.

Link stabil ini adalah komponen kecil dan memiliki 2 titik joint. Link stabil akan bekerja lebih berat ketika mobil melewati tanggulan atau jalanan rusak, selain itu link stabil berperan sebagai penyeimbang antara roda kiri dan roda kanan ketika mobil sedang berbelok pada kecepatan tinggi. dengan kinerja nya yang cukup berat tersebut mengakibatkan link stabil cepat rusak
ciri-ciri link stabillizer rusak dan gejalanya

7. Karet stabil


Karet stabillizer ini berpungsi untuk menyelimuti dan memegang besi stabilizer ke bagian crossmember, guna supaya tidak bergesekan.

Saat mobil berayun tentunya batang stabilizer akan bergerak turun naik mengikuti pergerakan body mobil. Jadi seiring lamanya pemakaian kendaraan tentu mengakibatkan karet stabilizer ini akan aus dan menipis karna terkikis oleh batang stabilizer tersebut yang terus menerus mengayun dan menerima goncangan ketika mobil melewati berbagai kondisi jalanan.
ciri-ciri Karet Bushing stabilizer bermasalah atau rusak

8. As roda (CV Joint)


Nissan serena menggunakan penggerak roda depannya menggunakan as roda atau cv joint.

Pungsi as roda tersebut yaitu untuk meneruskan putaran mesin untuk memutarkan roda supaya mobil dapat perjalan. Selain itu asroda turut aktip mengikuti pergerakan roda saat berbelok atau saat mobil berayun.

Mengingat kinerja as roda cukup berat, sehingga mengakibatkan as roda cepat rusak. Untuk mengetahui as roda sudah bermasalah atau rusak biasanya akan terdengar buyi kletek kletek saat mobil sedang berbelok.
Cara merawat dan mengetahui kerusakan as Roda mobil

8 komponen kaki depan nissan serena ini tentu dapat mengakibatkan bunyi dan rasa tidak nyaman ketika salahsatu dari komponen tersebut sudah bermasalah atau rusak.

Jika sudah sudah terindikasi adanya bunyi,limbung dan mobil kurang setabil saat dikendarai, sebaiknya segera melakukan pengecekan pada salahsatu komponen Yang sudah kami sebutkan diatas. Jika sudah terindikasi adanya kerusakan, sebaiknya lakukan perbaikan atau penggantian.

1 comment for "8 masalah Penyebab bunyi di roda depan nissan serena"