Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Apa sih bedanya Per daun dengan Per Keong? Cari tau disini

Hallo otomotif - Kali ini kami akan bahas mengenai perbedaan suspensi Per daun dengan suspensi Per keong (Per ulir).


Seperti Yang kita ketahui bersama, bahwa banyak sekali jenis atau macam-macam suspensi pada kendaraan, Ada jenis suspensi udara, suspensi leaf spring yang biasa disebut per daun dan type suspensi Per keong.

Namun pada kesempatan ini kami hanya fokus bahas mengenai perbedaan Per daun dan Per keong.


1. Suspensi leaf spring (per daun)





jenis suspensi Per ini terbuat dari besi dan campuran baja yang memiliki bentuk seperti plat besi panjang dan lurus dengan ketebalan 1 cm bahkan Lebih, hal ini tergantung dari jenis mobil itu sendiri.Suspensi Per daun ini biasanya terdiri dari beberapa lembaran per pada setiap rodanya,  antara 3 atau bahkan lebih.


Per daun sendiri memiliki tingkat kekuatan yang cukup dalam hal mengangkut muatan berat.  Maka tidak heran jika jenis suspensi ini banyak digunakan pada mobil-mobil niaga.


Tipe suspensi Per daun ini rata-rata digunakan di suspensi belakang, karna suspensi bagian belakang lebih banyak  menerima beban lebih berat ketimbang bagian depan, untuk mengetau kelebihan dan kekurang suspensi Per daun bisa anda baca disini.


2. Suspensi per keong (coil spring )




Suspensi per keong ini memiliki bentuk Yang berbeda dengan perdaun, karna Per keong berbentuk ulir. Meski beda, tapi perannya tetap sama yaitu untuk menopang suspensi dan body mobil serta menahan beban muatan dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.


Suspensi Per keong ini biasanya dipasang di suspensi bagian depan, Per keong ini memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya Per keong ini diyakini memiliki karakter lebih lembut dalam  meredam hentakan atau getaran yang dihasilkan dari pergerakan mobil ketika melewati berbagai kondisi jalanan. Namun kurang begitu kuat dalam menahan beban berat.


Tapi pada umumnya, mobil Sedan atau SUV keluaran terbaru saat ini sudah banyak mengadopsi suspensi Per keong pada suspensi bagian depan dan belakangnya.


Berbeda dengan mobil niaga seperti pick-Up Yang mengadopsi suspensi Per daun pada suspensi belakangnya guna untuk menahan beban berat, sedangkan Yang bagian depannya mengadopsi suspensi Per keong.
baca juga: Cara ceperin Mobil tanpa potong Per keong

1 comment for "Apa sih bedanya Per daun dengan Per Keong? Cari tau disini"

Berlangganan via Email