Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Cara efektif meninggikan suspensi per daun (leaf spring)


membahas mengenai cara meninggikan suspensi per daun - suspensi per daun atau biasa di kenal dengan sebutan leaf spring ini merupakan sistem suspensi lawas yang mana keberadaannya masih digunakan oleh sebagian produsen mobil, sehingga masih banyak mobil keluaran terbaru saat ini yang mengadopsi suspensi per daun terutama pada mobil niaga seperti pick-up.


Sistem suspensi per daun ini mengandalkan beberapa lembaran per daun yang tersusun rapih pada setiap rodanya, yang mana pungsinya untuk menopang body mobil yang memegang ke bagian sasis melalui sakel atau anting per ,

Suspensi per daun ini biasanya di gunakan pada jenis mobil yang menggunakan penggerak roda belakangnya menggunakan gardan , yang mana bagian tengah per tersebut merupakan sanggahan untuk gardan yang diikat dengan baut U.

Ada juga beberapa jenis mobil yang menggunakan suspensi per daun pada bagan roda depan dan roda belakangnya, sebagai contoh yaitu mobil suzuki katana jimmy, daihatsu ferozza dan beberapa jenis mobil lainnya.
Baca juga : cara kerja pegas torsion spring pada suspensi mobil

Suspensi per daun ini merupakan suspensi sederhana yang kuat dan kokoh, selain itu leaf spring merupakan type suspensi yang paling mudah untuk di modifikasi. Seperti dari kebanyakan mobil yang menggunakan suspensi per daun ini sering digunakan untuk mengangkut muatan, karna per daun ini memiliki kelebihan dalam hal menahan beban berat, Untuk mobil bermuatan biasanya sering memodifikasi dengan menambah beberapa lembaran per supaya lebih kokoh dan kuat,

Namun pada jenis yang mobil yang menggunakan sistem suspensi per daun antara depan dan belakangnya biasanya sering melakukan modifikasi offroad dengan cara meninggikan suspensi per daun.
Baca juga : apasih pedanya suspensi per daun dengan per keong

cara meninggikan per daun


Membahas Mengenai cara memodifikasi per daun supaya tinggi ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak rumit, yaitu hanya perlu melakukan upgrade/penyetingan dan mengganti beberapa komponen saja.


Mengganti anting per.


Hal yang umum yang sering dilakukan untuk modifikasi per daun supaya tinggi ini hanya cukup mengganti bagian anting per nya saja dengan ukuran yang lebih panjang. Yang manaTujuannya supaya menghasilkan efek suspension lift. Semakin panjang anting per/ sakel, maka secara otomatis suspensi akan semakin tinggi.


Menambah per daun.


Selain mengganti dengan ukuran anting per yang lebih tinggi , cara lainnya bisa dilakukan dengan menambah beberapa lembaran per daun pada setiap rodanya, dengan menambah lembaran per daun tersebut maka dapat membuat suspensi jadi lebih tinggi, selain itu juga suspensi akan semakin kuat, hanya saja dengan menambahkan lembaran per yang berlebihan tersebut dapat mengakibatkan suspensi jadi kurang nyaman dan terasa keras.


Melakukan rol per daun


Istilah roll per daun ini yaitu menambah lengkungan pada setiap lembaran per, pasalnya per daun yang sudah lama digunakan biasanya sudah menjadi lurus, nah tujuan roll per ini supaya per jadi lebih tinggi dengan cara di tekuk ulang menggunakan alat pres, semakin tinggi lengkungan per maka akan semakin body mobil akan semakin tinggi.
baca juga:
kenali keunggulan dan kekurangan suspensi per daun

Tetapi cara seperti ini tidak dapat bertahan lama, dan hanya bertahan sampai 6 bulan pemakaian biasanya suspensi kembali rendah / turun.


Cara efektif meninggikan suspensi per daun


Tapi tenang.. Cara yang efektif untuk meninggikan suspensi per daun ini bisa anda gunakan dengan tiga cara. cara yang pertama yaitu mengganting anting per dengan yang lebih tinggi, selain itu tambah satu lembaran per di urutan no 2 dari atas pada setiap rodanya, supaya lebih tinggi lagi maka diperlukan pengebresan ulang sesuai dengan jarak tinggi mobil yang anda inginkan.

Post a comment for "Cara efektif meninggikan suspensi per daun (leaf spring)"

Berlangganan via Email