Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Masalah akibat velg penyok dan cara memperbaikinya



Halo otomotif - velg pada setiap kendaraan merupakan suku cadang yang sangat penting keberadaan nya, pasalnya velg merupakan komponen penggerak kendaraan, jadi kondisinya harus benar-benar bagus dan jangan sampai peang atau penyok, sebab , kondisi velg yang kurang bagus dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman ketika mengendarai mobil tersebut.


Akibat Lamanya usia pemakaian, tentu sangat wajar jika kondisi velg sudah mulai bermasalah. tapi bukan tanpa sebab, velg yang dulunya bulat dan normal lama kelamaan pastinya dapat mengalami perubahan fisik , salahsatunya diakibatkan oleh tekanan angin yang kurang, sering menghantam lobang atau akibat beban muatan berat,


Masalah akibat velg penyok atau peang


Kondisi velg yang sudah tidak bulat lagi alias peang tentu dapat menjadi sumber masalah. Jangankan penyok, peang sedikit saja tentu dapat mempengaruhi laju kendaraan.


Pengaruh velg yang peang dapat bisa di rasakan saat mengemudi, kadang setir tidak mau diam atau terasa bergetar ketika sedang melaju kencang, hal ini diakibatkan oleh putaran roda yang tidak setabil. bahkan Ketika mobil dalam kondisi jalan pelan akan terasa goyang atau geol-geol layaknya ban kempes.


Ciri-ciri velg sudah peang atau penyok



Untuk mengetahui velg pada mobil anda sudah bermasalah bisa anda cek tanpa melepasnya, ciri-ciri umum biasanya ban sering kempes meskipun tidak terindikasi adanya kebocoran pada ban .


Peroses ban kempes tersebut akan terjadi ketika roda sedang berputar, Karna bulatan velg sudah tidak normal lagi, hal ini mengakibatkan angin keluar secara perlahan ketika ban tersebut menerima hentakan keras ketika melewati kondisi jalanan yang kurang bagus.


Untuk lebih yakin lagi bisa anda perhatikan fisiknya, cek di setiap bibir velg nya apakah sudah terlihat tidak bulat lagi atau memang sudah penyok.


Penyebab velg rusak


Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebab velg rusak, salahsatunya yaitu akibat terlalu kencang mengendarai mobil ketika melewati jalanan rusak, selain itu, sering menghantam lobang dengan keras dapat menjadi penyebab velg rusak. bukan hanya penyok saja, bahkan akibat menghantam lobang saat kecepatan tinggi dapat mengakibatkan velg retak atau pecah.


Cara memberbaiki velg yang rusak atau penyok



Kondisi velg yang penyok atau bahkan retak sekalipun tentunya masih bisa diberbaiki dengan catatan kerusakan dalam tahap wajar.


Tahap perbaikan velg yang ringan seperti penyok yaitu dengan cara dipres sambil dipanasin sampai permukaan bibir velg kembali sempurna, sedangkan proses perbaikan velg yang retak perlu dilakukan pengelasan kembali.


Untuk mengetahui harga sevice velg itu sendiri tidak bisa ditentukan, karna pemilik bengkel biasanya melihat kondisi kerusakannya terlebih dulu, harga bisa saja murah jika kerusakannya terbilang ringan, namun kerusakan yang tergolong parah seperti retak, harga pun bisa lebih mahal,


Sebagai estimasi biaya perbaikan velg yang peang dan penyok biasanya bengkel mematok harga sekitar 300 sampai 500 ribu, harga tersebut bisa berubah tergantung kerusakannya.

Post a comment for "Masalah akibat velg penyok dan cara memperbaikinya "

Berlangganan via Email