Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Kenali Keunggulan dan kekurangan type suspensi Per daun pada mobil



mengenal lebih dekat Apa itu per daun. Per daun merupakan salahsatu sistem suspensi yang perannya masih digunakansampai saat ini, meski terbilang sistem suspensi jadul, tapi jangan salah loh..! pada kendaraan terbaru saat ini sistem suspenai per daun (leaf spring) masih digunakan pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru.


Kebanyakan digunakan pada mobil niaga seperti daihatsu granmax pick-up, New carry, bahkan Mitsubishi strada dan pord rangger. Pada mobil besar seperti truk dan bus juga masih menggunakan type suspensi Per Daun, meski sebagian bus sudah ada Yang menggunakan suspensi udara.

Kenapa jenis suspensi per daun ini masih tetap dipertahankan hingga saat ini?

Alasannya simpel saja. Karna Per daun memiliki keunggulan dalam hal membawa beban yang sangat berat ketibang suspensi coilspring, sehingga beberapa produsen masih tetap mempertahankan suspensi yang satu ini.

Pungsi suspensi Per daun pada kendaraan


Sedikit membahas mengenai peran dari suspensi per daun pada setiap kendaraan, diantanya yaitu untuk menahan guncangan, getaran, serta hentakan yang dihasilkan ketika mobil tersebut melewati berbagai kondisi jalanan. Pada setiap ujung lembaran Per daun urutan pertama dilengkapi dengan karet Bushing Per, Yang mana pungsinya sebagai pelindung untuk menghubungkan Per dengan sasis melalui anting Per. Sedangkan pada bagian tengah Per perpungsi untuk menghubungkan antara gardan dengan Per dan di ikat dengan baut U.

Keunggulan suspensi Per daun.


Perdaun terdiri dari beberapa lembaran Per Yang tersusun rapih dengan posisi menumpuk, rata-rata terdapat 4 atau bahkan 5 lembar perdaun di setiap rodanya.

Dengan jumlah lembaran Per tersebut tentunya membuat mobil menjadi lebih kuat dalam hal menahan beban muatan berat.

Mobil tidak limbung


Beberapa pemilik Mobil Yang mengunakan suspensi Per daun tidak pernah mengalami masalah seperti limbung, meskipun pada saat mobil melaju kencang. Hal ini bisa disimpulkan bahwa suspensi tipe Per daun sangat kokoh dalam menhadapi berbagai kondisi jalanan. Terkecuali adanya masalah pada bagian peredam kejut (shockbreaker) .

Kekurangan suspensi Per daun


Setiap kelebihan pastinya ada kekurangan, begitu lah yang dirasakan setiap orang pada saat mengendarai mobil dengan type suspensi Per daun. Salahsatu kekurangan yaitu sebagai berikut:

1. Per terasa keras dan kurang nyaman.


Karna suspensi per daun pada Mobil bukan hanya hanya satu lembar, melainkan 4 sampai 5 lembar pada setiap rodanya. Hal ini tentu menjadi kurang nyaman dan mobil terasa sangat keras bantingannya. Tapi pada saat mobil mengangkut muatan berat tentunya suspensi akan terasa nyaman karna seimbang dengan muatan.

Per daun mudah patah


Type suspensi Yang kokoh seperti Per daun ini bukan berarti terhindar dari kata rusak. Justru Per daun sering mengalami patah, hal ini bisa terjadi lantaran seringnya mengangkut muatan berat, selain itu Per daun patah juga bisa diakibatkan pelastik teplon atau bantalan Per sudah tipis atau sudah habis, sehingga mengakibatkan adanya gesekan antara ujung Per yang satu denganYang lainnya. Sehingga jika dibiarkan Per akan menipis dan patah.

Per daun sering bunyi


Selain patah, kekurangan pada Per daun yaitu sering bunyi. Munculnya bunyi terasebut bisa diakibatkan Bushing Per sudah aus atau sobek. Selain itu akibat bunyi lainnya disebabkan oleh teplon plastik pemisah antara lembaran Per sudah tipis. Mungkin itu saja beberapa keunggulan dan kekurangan pada sistem suspensi Per daun. Semoga bermanfaat.

baca juga: - Cara ganjal Per daun biar ceper

Post a comment for "Kenali Keunggulan dan kekurangan type suspensi Per daun pada mobil"

Berlangganan via Email