Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Ciri ciri mobil Harus Ganti Oli Gardan dan Transmisi


Sudah sepatutnya bagi anda selaku pemilik mobil untuk selalu Mengontrol oli pada kendaraan secara rutin. Selain melakukan penggantian pada oli mesin, ada beberapa komponen pada kendaraan yang perlu diperhatikan juga pelumasnya, yaitu oli pada bagian transmisi dan gardan.

Mengganti oli transmisi dan gardan ini memang tidak sama sebagaimana mestinya oli mesin yang memang sudah diwajibkan melakukan penggantian tiap 1 bulan sekali atau tergantung pada batas jarak tempuh sesuai buku petunjuk kendaraan tersebut.

perlu anda ketahui, meski penggantian oli gardan dan transmisi tidak serutin mengganati oli mesin , oli transimi juga tentunya memiliki masa pemakaian dan sudah sepatutnya melakukan penggantian jika masanya tiba, biasanya oli gardan dan transmisi ini perlu melakukan penggantian pelumas jika kendaraan sudah menempuh 40 ribu kilo meter,


Ciri ciri jika oli transmisi dan gardan perlu diganti


Pada umumnya penggantian oli transmisi dan gardan ini sudah harus diganti setelah kendaraan tersebut menempuh jarak 40 ribu km, tapi terkadang ada ciri-ciri tertentu yang mengharuskan kendaraan tersebut perlu mengganti oli transmisi walapun belum menempuh jarak 40ribu km, yang salahsatunya sebagai berikut :


1. Sudah terdengar bunyi dengung dibagian persneleng


Pelu melakukan penggantian Pelumas transmisi jika Di dalam transmisi sudah terdengar adanya Bunyi mendengung, suara dengung tersebut biasanya disebabkan dari pergesekan gigi transmisi yang disebabkan oleh pelumas yang sudah kurang bagus sehingga tidak mampu meredam suara gear yang saling bersinggungan,

jika pelumas masih bagus harusnya dapat meredam suara pergerakan gear tersebut. Jika sudah mendapati adanya suara dengung didalam transmisi sebaiknya melakukan penggantian pelumas secepatnya supaya terhindar dari kerusakan yang tidak diharapkan.

Gigi-gigi atau gir di dalam transmisi dan gardan ini terus menerus bekerja ekstra, jika pelumasnya sudah kurang bagus maka gir tersebut akan saling bergesekan, Tujuan mengganti dengan pelumas yang baru tersebut tentunya supaya komponen transmisi atau gardan dapat melindungi celah gir tersebut dari keausan. Jadi jika pelumas kurang bagus, gigi akan bersentuhan langsung dan bisa membuat rusak.


2. Gigi susah dipindahkan


Bisa dibilang oli transmisi dan gardan sudah kurang bagus jika mobil tersebut mengalami kesulitan ketika akan memindahkan gigi persneleng, pada umunya tuas persneleng yang susah masuk gigi ini bisa disebabkan oleh kampas kopling yang sudah aus atau tipis. akan tetapi jika pelumas sudah kurang bagus juga bisa mengakibatkan perpindahan gigi menjadi sulit, sehingga perlu melakukan penggantian pada oli transmisi.

Disarankan bagi anda hususnya pengguna mobil untuk mengikuti ketentuan dari buku petunjuk mengenai penggantian oli gardan dan transmisinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi komponen-komponen di dalam transmisi dan gardan .

Jangan sampai, Anda sebagai pemilik mobil harus mengeluarkan biaya lebih banyak karna harus mengganti komponen di dalam transmisi atau gardan.

komponen-komponen didalam transmisi bisa dikatakan cukup lumayan mahal jika harus diganti. Padahal Gir itu tidak ada batasan waktu untuk penggantian, karna tidak mudah rusak, beda halnya dengan kampas kopling yang cepat sekali mengalami kerusakan.

Post a comment for "Ciri ciri mobil Harus Ganti Oli Gardan dan Transmisi"

Berlangganan via Email